Selasa, 17 April 2018

Contoh Best Practice Sifat Orang Tua yang Membuat Karir Anak Cemerlang



Potensi sukses pada anak merupakan pemberian Tuhan yang tersembunyi sampai orang tua mengajak sang anak untuk menemukan, mengenali, menumbuh kembangkan dan berprestasi. Namun seringkali orang tua disibukkan oleh target pribadi yang menjauhkan anak untuk dapat menggali potensi suksesnya. Maka diperlukan cara agar orang tua dapat menjadi mitra anak mencapai suksesnya melalui beberapa sifat yang disukai anak. Seperti berikut ini:


1.    Pandai berterima kasih,  setiap anak suka dan memiliki kebutuhan dasar  untuk merasa dihargai. Ungkapan terima kasih merupakan feedback, pengakuan , penghargaan dan contoh dari orang tua atas upaya yang telah dilakukan selanjutnya ia akan memberikan yang terbaik. Jika anak berhasil meraih nilai diatas KKM ucapkan pujian agar ia merasa belajar itu sangat berarti bagi suksesnya.

2.    Tepati janji, jangan berjanji kepada anak sesuatu yang tidak mungkin anda tepati, sekali anda ingkar janji maka anak akan turun rasa hormatnya terhadap nilai perjuangan dan nilai sebuah janji


3.    Biarkan berinisiatif, biarkan anak mengambil inisiatif untuk mulai bertindak dalam mewujudkan mimpinya. Berikan motivasi bahwa dia pasti berhasil maka akan berjuang mencapai keberhasilannya.

4.    Dengarkan pendapatnya, terlepas pendapat itu  berkualitas atau tidak memberikan kesempatan anak untuk menyampaikan pendapatnya akan menambah pengalaman dalam menyelesaikan masalah yang berharga baginya.

5.    Jadilah sahabat anak, bergabung dengan mimpi anak  akan membuat anak diperhatikan , dicintai dan dihargai untuk berjuang mencapai tujuan atau cita cita. Jangan biarkan anak merasa sendirian berjuang mencapai sukses apalagi anda meremehkannya.

6.    Kesempatan kreatif,produktif dan berhasil adalah kunci kreatif , biarkan anak kreatif agar karirnya cemerlang dan berdaya saing.



7.    Konsisten, akan membuat anak anda mendapatkan kepastian perlakuan sekaligus tidak merasa ambiguity dalam berjuang mencapai sukses, . terutama konsisten pada dukungan dan kasih sayang anda kepadanya

8.    Jujur, hargai keterusterangan dan kejujuran anak dalam mengungkapkan perasaan atau kenyataan agar terkurangi rasa bersalahnya. Sekaligus anak akan berjuang memperbaiki proses suksesnya. Karena bohong hanya akan membuat siapapun mengalami kegagalan. Dengan anak berani jujur tentang perjuangan, target hasil, motivasi  , keterampilan dan kebutuhannya maka anak lebih mudah mencapai sukses.

Kebanyakan anak sangat mencintai orang tuanya apalagi jika memiliki sifat seperti diatas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar