Jumat, 11 Juli 2014

Memupuk Jiwa Kepemimpinan Anak (SD)

Kank,apakah jiwa kepimimpinan anak dapat  dikembangkan sejak SD …?

 Jiwa kepemimpinan pada anak bisa ditumbuhkan melalui kebiasaan mandiri dalam anak. Oleh karena itu bantulah anak untuk terbiasa melakukan segala sesuatu secara mandiri untuk dirinya sendiri seperti,berpakaian,makan ,mandi,merapikan mainan /tempat tidurnya sendiri dan sebagainya.
“kamu boleh pilih mainan yang mana ,tapi jangan lupa mengembalikan ke tempatnya agar bisa dipakai kembali nanti..?”.



Dalam proses  meningkatlan keakraban  dan kasih sayang keluarga, anak dapat juga dilibatkan dalam pengasuhan dan menjaga adiknya sesuai usia perkembangannya. Sehingga anak bukan hanya sayang terhadap adiknya namun juga mengembangkan rasa bertanggung jawab dan kepemimpinan dalam dirinya.  
Dalam kegiatan bermain berikan kesempatan untuk menentukan permainan ,sebisa mungkin bermain yang melibatkan kelompok  teman sebayanya sehingga anak memiliki kesempatan berinteraksi dan bekerjasama.  Keterampilan social merupakan dasar dasar kepemimpinan bagi anak.
Kegiatan memimpin doa secara bergiliran ,memimpin pembukaan pertemuan kelas ,memimpin barisan ,paduan suara  tampil didepan kelas dan lain sebagainya adalah kesempatan yang dapat menumbuhkan keberanian anak untuk memimpin.

Berikan kesempatan anak untuk berani mengekspresikan ide dan pendapatnya ,sehingga mampu menemukan berbagai alternative solusi saat  menjalani tugas perkembangannya.

 Kegiatan Pembelajaran SDN Rungkut Kidul 2 Sby





Tidak ada komentar:

Posting Komentar