Minggu, 29 September 2013

Peran Orang Tua Siswa Kelas Satu SD Kurikulum 2013 : Soal Matematika –Logis

"Sebagai orang tua siswa kelas I SD , apa yang dapat kami lakukan  agar bisa membantu menemani anak belajar dirumah berkaitan dengan Kurikulum  2013 terutama pembelajaran Matematika,kank..? ", Tanya ibu Tanti Orang tua siswa kelas Satu SD .

 Guna mencoba mengurai dan menjawab pertanyaan ibu ,Saya coba kutipkan..


 Salinan  Lampiran Pemendikbud  no 67  tahun 2013 tentang Kurikulum  sebagai berikut :

 Kompetensi Inti :

Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.

Kompetensi Dasar :

3.09 Membandingkan dengan memperkirakan lama suatu aktivitas berlangsung menggunakan istilah sehari-hari (lebih lama, lebih singkat)
3.10 Membandingkan dengan memperkirakan berat suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih berat, lebih ringan)
3.11 Membandingkan dengan memperkirakan panjang suatu benda menggunakan istilah sehari-hari (lebih panjang, lebih pendek)
3.12 Menentukan urutan berdasarkan panjang pendeknya benda, tinggi rendahnya tinggi badan, dan urutan kelompok berdasarkan jumlah anggotanya.

 Perkembangan Konitif anak pada usia 7-11 tahun menurut Jean Piaget , seorang professor psikologi dari Swiss berada pada  tahap kongkret –operasional  ,yakni anak dapat mengenali objek nyata  pada keadaan yang dialaminya.Mereka bisa memahami arti
·         Penjumlahan;” permenku sekarang tujuh tadi  lima lalu diberi om tambahan dua”.
·         Pengurangan : “Sekarang rotiku  tinggal satu tadi diminta adik “.
·         Memahami Ruang : “ ini rumahku ,rumahmu mana “.
·         Waktu : “sekarang waktunya minum susu lalu tidur “.
·         Mengkelompokan: “ ini buku buku papa dan itu buku buku aku”.
·         Berpiki bolak balik :’ Aku lebih tinggi dari adik adik lebih kecil dari aku “.
·         Konservasi ; “ susuku satu botol ini dituang dari satu gelas tadi”.

Secara sederhana anak sudah memiliki kemampuan untuk berpikir lebih kompleks dapat melakukan penalaran logis dan mampu memecahkan masalah.Berkembangnya kemampuan koginitif ini mempermudah anak untuk belajar ilmu pengetahuan  termasuk pembelajaran matematika.

Guna meningkatkan kemampuan anak dalam menjalankan tugas pembelajaran matematika ,orang tua dapat memberikan pembiasaan dalam menjalankan tugas keseharian dirumah. Seperti ;

1.       Biasakanlah anak untuk menata sendiri buku pelajaran nya meletakkan sesuai kategori yang sudah ditetapkan ,rak nomor satu untuk buku tulis ,rak nomor dua untuk  buku paket ,dsb. Demikian juga saat mempersiapkan buku pelajaran yang dibawah kesekolahnya.

2.       Ajarkan anak untuk menghitung jumlah alat tulis yang dibawahnya,minta untuk bertanggug jawab atas  alat tulis yang dibawahnya agar supaya tidak mudah tertinggal atau  hilang.

3.       Dalam mendampingi belajarnya dirumah ,biarkanlah anak untuk menggunakan nalar logisnya sendiri untuk menyelesaikan soal soal yang ditanyakandalam tugas sekolahnya ,jika mengalami kesulitan permudahlah dengan memberi contoh konkret  dengan  asosiasi atas kegiatan yang sudah dilakukan sehari hari hari.Sehingga anak mudah memahami karena sudah mendapatkan  pembelajaran melalui pengalaman pembiasaan sehari hari.    


Pada masa anak menjalani proses kegiatan pembelajarannya peran orang tua amat dibutuhkan ,karena itu menumbuhkembangkan pembiasaan yang dapat mengasah keterampilan berpikir dan rasa tanggung jawab harus dimulai sejak dini dengan pengenalan atas kebiasaan sehari hari yang daialmi anak .Selamat Menyongsong kurikulum  baru .. !


2 komentar:

  1. Orang tua dituntut berperan aktif dalam membimbing proses pembelajaran anaknya di rumah. Tetapi permasalahannya adalah materi pelajaran kelas 1 SD TERLALU TINGGI untuk disampaikan kepada seorang anak seusia kelas 1 SD. Sehingga ada kesan PEMAKSAAN terhadap anak.
    Contoh pelajaran kelas 1 SD:
    read the text below then answer the question.
    hello my name is rara
    i am six years old
    i am from bogor
    I like swimming
    every sunday i go to swim
    swimming makes me healty
    (pertanyaanya)
    1. what is her name
    2. how do you spell her name
    3. how old is she
    4. how do you spell bogor
    5. waht does she like
    (sumber LKS KARTIKA halaman 7 dan 8)
    Di dalam materi jg banyak kesalahan (penulisan huruf besar dan tanda tanya)

    Mampukah anak SD kls 1 menerima materi di atas?
    Sudah sangat jelas orang tua dibuat pusing.

    BalasHapus
  2. Namun demikian sekarang pertanyaannya sejauh mana para orang tua memahami K13 itu sendiri, saya melihat fakta di lapangan masih banyak para orang tua yang belum mengerti tetang adanya perubahan kurikulum yang ada disekolah.

    BalasHapus