Senin, 11 September 2017

Kiat Mengajak Anak Ubah Kesalahan Jadi Sukses




Ilstr: Momo Indie, Juara Miss Photogenic 2017
Kesalahan adalah  pembelajaran terbaik” , setidaknya inilah kalimat penghibur yang senantiasa diucapkan untuk memotivasi orang lain. Namun bagaimana jika kesalahan tersebut menimpa anak sendiri, apalagi jika menyangkut citra diri dan  masa depan karir (pendidikan) anak, masihkah anda menghibur diri sendiri dengan kalimat tadi..?  Tidak jarang kesalahan yang dilakukan anak anak dapat menjadi fatal bagi keberaniannya dalam menghadapi kesulitan dan tantangan masa depan jika respon orang tuanya tidak tepat. Padahal kesalahan memiliki beragam sebab…?

Penyebab kesalahan:
 
·        Informasi yang tidak utuh, bisa menghasilkan  kesalahan anak dalam pengambilan keputusan, ambil contoh pemilihan prodi yang informasinya diterima sepotong potong membuat anak bisa saja tidak betah kuliah lantaran salah dalam mengenal  standar kompetensi yang bakal dihadapinya. 

·         Tidak tahu harus begaimana mengerjakan, kesalahan sering kali karena ketidak tahuan harus berbuat apa ..

·         Salah memutuskan, meski pengalaman akan mendidik orang untuk memperbaiki kesalahan , namun salah memutuskan adalah bagian dari kesalahan yang dilakukan anak. 

·         Tergesa gesa ,

·         Ceroboh, dikeranakan keterbatasan waktu , ingin coba coba dan ketidak cukupan kompetensi yang dimilikinya. 

Apa yang harus dilakukan ..?
Kank Hari  Santoso "Motivator Seminar Pendidikan Karakter "

1.  Jangan marah atau “mengingkari” kesalahan yang dilakukan anak , karena semakin anda sanggup menerima kenyataan , semakin cepat  pula anda menemukan cara untuk membantu anak mengatasi kesalahannya. 

2. Dengarkan agar and lebih faham, pada saat anak melakukan kesalahan biasanya akan mempertahankan egonya jika orang tua terlebih dulu merespon dengan menyalahkannya. 

3. Jangan biarkan anda dan anak anda larut dalam kesalahan dan penyesalan. Setiap orang tidak luput dari salah , semakin dekat anda dengan keberhasilan semakin banyak kesalahan yang harus anda temukan solusinya. 
                        Video : Contoh Pembelajaran Karakter  Juara, Madiun

4. Jujur, ajak anak anda untuk introspeksi diri termasuk anda sebagai orang tuanya dalam membimbing anak dalam menghadapi tantangan hidupnya.. Bisa jadi anak berbuat salah karena belum diberitahu orang tuanya. 

5. Dorong anak tetap beratnggung jawab hadapi kesalahannya  dalam situasi apapun , jika berkaitan hak orang lain ajari anak untuk meminta maaf atau memberikan ganti untung kepada orang yang lain yang sdisebabkan kesalahan yang dilakukannya. 

6. Tetap optimis dengan menjaga penampilan yang menarik , jangan  biarkan anak anda lesu atau nampak tidak bergairah dalam menjalani kehidupan seharti hari nya sehingga aura postif tetap melakat pada diri anak dan lebih bergairah untuk memperbaiki kesalahan. 

“Setiap orang akan senantiasa berhadapan dengan kesalahannya untuk memperbaiki mutu hidupnya yang membedakan adalah mereka yang sanggup bertanggung jawab atas kesalahannya dan memperbaiki kesalahan menjadi keberhasilan dalam hidpunya”. Kank  Hari  Motivator Parenting Pendidikan Karakter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar