Rabu, 07 Desember 2016

7 Manfaat Melatih Ketakwaan Pada Anak


Momo Indie, " QueensTemple -Roro Jonggrang  "

              
Tugas orang tua setelah menanamkan nilai nilai keimanan pada anak adalah memberikan teladan pengamalan ibadah dalam kehidupan sehari hari sebagai pengalaman yang menyenangkan bagi anak. Pengamalan ibadah dari nilai iman secara bersungguh sungguh itulah dinamakan takwa.

Apa manfaat takwa bagi anak:

1.     Anak akan memiliki ketangguhan dan keterampilan memecahkan masalah (creative problem solving & decision making skill) sehingga tidak mudah mengeluh karena yakin pertolonganNya.  QS At Thalaq 4:”Barangsiapa bertakwa kepada Allah, maka Allah akan menjadikan segala urusan mudah”

2.    Anak akan memiliki akhlak mulia (good character)  dikarenakan ketaatannya menjalankan perintah dan  menjahui segala laranganNya. QS Al Hujarat :13:” sesungguhnya yang paling mulia diantara kalian adalah orang yang paling bertakwa”.  
 Ilustrasi  Video Pendidikan Karakter: Kank Hari  Ragam Pendidikan TVRI: Busana Kreatif SMKN Gudo Jombang

3.    Anak memiliki modal perilaku professional dan   tangguh untuk menghadapi tantangan kesulitan zaman karena terlatih menjalankan perintaNya secara bersungguh sungguh dan iklash. Qs  Al Baqarah 197:  “Dan siapkanlah sangu . Sesungguhnya sangu terbaik adalah takwa”.

4.    Anak akan lebih mudah meraih sukses dikarenakan kesabarannya menjalani proses ibadah sampai tuntas sesuai  perintahNYa , Sikap inilah yang akan mencetak semangat pantang menyerah dan cinta berjuang , menang melawan godaan hawa nafsu. QS . Al Baqarah  189: “Bertakwalah pada Allah agar kalian sukses”.


5.    Anak  terpenuhi kebutuhan cinta dan  memiliki sifat kasih karena merasa sangat dicintai Allah, karena “Sesungguhnya Allah mencintai orang orang yang bertakwa “  QS At Taubah :4

6.    Aanak akan memiliki kemampuan berpikir kreatif inovatif dan solutif  serta menemukan keberuntungan hidup karena terbiasa untuk pantang menyerah dalam setiap kesulitan yang dihadapinya. QS At Thalaq 2-3 : “Barangsiapa takwa kepada Allah , Allah akan menjadikan jalan keluar baginya, Allah memberinya rezeki dari jalan yang tidak disangka sangka”.

Di zaman penuh tantangan dan godaan tidak ada bekal yang paling utama untuk bersaing (competitive advantage) kecuali bekal teladan perilaku takwa kepada anaknya. Bagaimana dengan kurikulum pada keluarga anda..?. Kank Hari Santoso  Ustad Motivator MSDM Indonesia  #Papa Momo Indi Model Berbakat  Surabaya Indonesia #Kank Hari Coach Parenting Pendidikan Nasional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar