Jumat, 02 Desember 2016

3 Resep praktis Membangkitkan Rasa Percaya Diri Anak Menjadi Model Top




                     
Momo Indie, LA Event
Setiap anak pada dasarnya ingin menyenangkan hati orang tuanya, tidak ingin berbuat salah dan mengecewakannya. Namun dalam perkembangan psikososialnya mereka membutuhkan pembelajaran untuk gagal, coba lagi dan berhasil. Peran pendampingan orang tua amat dibutuhkan dalam proses tumbuh kembang anak.  Berikut langkah praktis yang dibutuhkan anak dalam membangun harga diri positifnya:


1.     Pujilah secara spesifik

“mama bagaimana  nih cara jalanku .”, anak sedang ingin menunjukkan hasil kesungguhan, kreatifitas dan kesabaran dalam menyelesaikan tugasnya. Maka orang tua patut menghargai upayanya itu dengan apreasiasi yang spesifik misalnya , “sudah bagus cara jalanmu dengan menatap kedepan itu “.  Pujian yang specific ini akan membuat anak merasa tertantang untuk menyelesaikan tingkat kesulitan yang lebih tinggi sekaligus  merasa bahwa karyanya telah dihargai.

2.    Akui Upayanya

“Ma , capai nih  sudah lima kali pose nih ”,  Bisa saja anak merasa lelah jenuh atau sudah menyelesaikan tantangannya, tugas orang tua dalam hal ini harus mengakui capaian upayanya, seperti “oke, stop dulu, hari ini kamu sudah selesaikan lima kali pose kemarin hanya tiga , besok lagi. Kita ganti baju jalan jalan sama papa..”.  Kalimat yang anda sampaikan menjukkan bahwa anda mengakui keberhasilannya menyelesaikan tugas. Dengan demikian anak merasa dihargai upayanya yang berguna buat membangun rasa percaya diri dan harga diri anak.  

3.    Kembangkan kemampuan bercerita

Mama aku pingin cerita  tadi saat latihan peltih ngasih tau harus begini begitu ” Pada hakekatnya anak memiliki kebutuhan untuk diakui keberadaannya, merasa dicintai dan diperhatikan keinginannya. Mereka berupaya mewujudkan itu dengan bercerita dengan orang orang yang dicintainya (significant others) oleh karena itu orang tua harus dengan senang hati mau menyimak segala cerita anak. Misalnya “ ih asyik itu , coba coba bagaimana ceritanyanya..”.  Dengan memiliki kesediaan mendengar dan menyimak anak akan memiliki perasaan dihargai dan diakui serta dicintai sehingga akan terbangun rasa percaya diri dan memiliki keterampilan emosi yang lebih baik .


“Pada dasarnya anak ingin mendapatkan pengakuan , perasaan berharga dan merasa dicintai , peran orang tua sebagai mentor , motivator dan sekaligus pelindung yang mendatangkan rasa aman dan berharga pada anak”. By Kank Hari Papa Momo Indie
 Kank Hari Ragam Pendidikan TVRI,  "SMKN 1 Wonoasri Madiun , Peer Counselor".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar