Senin, 08 Agustus 2011

Dampak ICT Bagi Anak.


“Kank ,anak saya sering dapat tugas untuk mencari bahan pelajaran menggunakan Internet. Disamping saya bangga, melihat kondisi saat ini dampak negative internet begitu mengkhawatirkan.lantas sebagai orang tua saya harus bagaimana..?’.


Pertanyaan ini sering dilontarkan orang tua siswa saat saya memberikan Diklat Smart Parenting atau on air diradio. Rata rata orang tua cemas terhadap dampak negative ICT (Information Communication Technology ) khususnya internet.Bukan saja orang tua semakin ketinggalan ketrampilan penggunaan technologi tersebut maupun ketidak mampuan mengenali tingkat penggunaan apada anaknya.Menurut saya kuncinya pada keyakinan pada agama sebagai benteng utama moral anak .Sedangkan manfaat yang bisa kita dapatkan dari penggunaan ICT adalah :

1. Searching: anak- anak dapat belajar mencari info,data,gambar dsb ,guna kepentingan tambahan pengetahuan.Karena itu orang tua sepatutnya memberi arah kepada anak untuk mencari data sesuai dengan pengetahuan yang dibutuhkan anak.

2. Game on line: Salah satu kebiasaan anak dalam menggunakan ICT adalah untuk kepentingan bermain game. Peringatkan anak untuk bermain game yang sesuai umur,mengelola waktu dan tetap sadar akan kewajiban belajarnya.

3. Collecting : Perhatikan koleksi anak tentang MP3,tulisan,grafik ,animasi ,video agar tidak bertentangan dengan nilai nilai moral.
4. Communicating : Akun Face book ,twiter dan jejaring sosial adalah wadah bagi anak untuk berkomunikasi ,curhat dan menunangkan ide serta perasaan. Perhatikan aktivitas hubungan pertemanan diantara mereka,termasuk penggunaan kalimat dalam menulis status.

5. Learning ; anak anak dapat menulis jurnal atau belajar banyak pengetahuan serta riset secara online.Bimbinglah anak agar belajar menggunakan ICT sebagai media pembelajaran .

6. Creating : ICT juga merupakan wadah kreatifitas serta inovasi anak seperti membuat web,blog ataupun games .Serta dapat digunakan sebagai sarana belajar berjualan bagi anak yang biasa disebut jual beli on-line.


Media apa pun selalu punya sisi negatif namun bukan berarti tidak mempunyai sisi positif . Jangan karena takut terkena dampak negatif lantas anda ketinggalan informasi apalagi anak anak kita….

Tidak ada komentar:

Posting Komentar