Minggu, 21 Agustus 2011

Fitrah Anak,Perspektif Psikologi Study Kasus Prophet Leadership (QS Yusuf:8,87,97)




"Sebagai orang tua yang awam ,kami belum tahu apa fitrah anak yang sesungguhnya kepada orang tuanya…?"

Fitrah secara etimologis ,asal kata fitrah dari bahasa arab yaitu “fitratun “ jamaknya “ Fitarun “,artinya perangai tabiat kejadian asli,agama ,ciptaan.Kamus bahasa Indonesia –Inggris mengartikan fitrah sebagai natural,tendensy ,disposition &character.Maka fitrah anak adalah kecenderungan untuk secara alamiah mendapatkan perlakuan guna membangun karakternya.Bagi anak terdiri kecenderungan dasar kebutuhan psikologinya adalah ;dicintai,dilindungi,dan diarahkan.


Dicintai

“(ingatlah ) ketika mereka (putra Ya’qub) berkata :”Yusuf dan saudaranya sungguh sungguh lebih dicintai oleh ayah dari pada kita,padahal kita ini banyak .Ayah kita jelas sekali kelirunya.”. QS Yusuf : 8


Perasaan dicintai orang tuanya sangat dibutuhkan oleh seorang anak.Lantaran kebutuhan rasa cinta dapat membuat anak menjadi tentram dan bahagia.Sehingga dalam proses perkembangan berikutnya anak dapat tumbuh secara optimal.Dalam menghadapi tugas –tugas kehidupan, dalam menghadapi kesulitan dan tumbuh kembangnya sendiri.

Children not only need to learn how to express physical affection, but many need to be taught how to express affection verbally..Journal of Personality and social Psychology ,1975..

Seorang anak tidak hanya butuh kecukupan kebutuhan materinya namun juga kasih sayang baik dalam ucapan maupun sentuhan fisik . Salah bukti cinta dari orang tuanya adalah membebaskan mereka dari kekangan terutama pada kebutuhan rasa ingin tahu dan kreatifitasnya secara bertanggung jawab.

Dilindungi

Mereka (putra putra Nabi Ya’qub) berkata : Wahai ayah tercinta ,mohonkanlah pengampunan bagi kami. Sesungguhnya kami adalah orang orang yang telah berbuat dosa “. QS Yusuf :97

Dalam diri setiap anak memiliki kecemasan dalam menghadapi kesulitan dan tantangan tugas perkembangannya. Bahkan tidak jarang kecemasan yang melanda diri mereka dapat mengikis rasa percaya diri untuk menyelesaikan tugas.Anak bisa saja mengalami kesulitan,kesalahan, kegagalan dan bentuk bentuk ketidak berhasilan yang dihadapinya. Mereka butuh pelindung untuk menghadapi rintangan,merasakan ketidak berhasilan sekaligus penguat untuk keberaniannya mencoba. Karena itu you also let children know you love them by treating their thought and felling with respect’.


Anak membutuhkan penguat dan perlindungan orang tuanya terutama saat ingin mencoba hal hal baru yang dirasa bakal mendatangkan kesulitan,bantulah mereka mengenali konsekuensi logis yang dihadapi selanjutnya dampingi mereka untuk keberhasilannya.

Arahan


“Wahai anak –anaku,pergilah sekalian .Carilah berita tentang Yusuf dan saudaranya. Dan janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya hanya kaum yang kafir yang berputus asa dari rahmat Allah. QS Yusuf :87





Bimbingan orang tua dibutuhkan anak terutama pada tugas menghadapi masa depan yang belum dialaminya. Mereka butuh bekal ilmu,wawasan nasehat dan pertimbangan resiko- resiko yang dihadapinya kelak. Dengan bekal tersebut anak diharapkan dapat memiliki kebijakan dalam menentukan pilihan sikap sesuai usia perkembangannnya.Karena itu teach your child that he and only he is responsible for the consequences of his actions.

Jadilah orang tua yang bisa memberi contoh dalam berucap dan bersikap saat anak anak berusia balita karena mereka adalah good imitator ,peniru yang baik . Jadilah sahabat mereka ketika mereka sudah SD -SMP ,karena mereka butuh pertimbangan dan bimbingan orang tuanya. Dan jadilah motivator ketika anak berusia remaja –dewasa lantaran mereka memiliki kesanggupan menentukan sikap.

Tiga unsur ,cinta,perlidungan dan Arahan adalah fitrah anak dalam memenuhi kebutuhan dasar psikologinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar