Jumat, 12 Agustus 2011

Model Belajar Usia 3 Tahun


“Kank Hari ,saya ingin menyekolah kan anak saya yang berusia 3tahun . Model belajar yang seperti apa yang pas buat mereka. …?” . tanya ibu Mardiati


Sebelum menjawab pertanyaan ibu model belajar yang pas buat putra ibu usia 3 tahun. Menurut Piaget anak usia 3 tahun masuk pada tahap perkembangan pre operasional. Artinya anak memiliki kemampuan mengenali bahasa symbol,menganggap benda itu hidup dan bergerak seperti boneka bisa bicara ,berimajinasi bisa menjadi manusia super. Serta memiliki cara berpikir egosentris (berpusat kepada diri sendiri) termasuk menilai segala sesuatu masih mereka berdasarkaan kebutuhan sendiri,”Pokoknya aku mau begini…”.

Model belajar yang pas tentu saja yang dapat memenuhi tahap perkembangan berpikirnya sekaligus kebutuhan sosialnya yaitu berteman dengan teman sebayanya.
Amatilah “sekolah” yang dapat mengksplorasi kebutuhan itu secara individual agar optimal.Seperti Program berikut ini:

1. Menempatkan anak sebagai sahabat guru /bundanya,sehingga anak memiliki kesempatan untuk mengekspresikan ide mereka kepada guru.

2. Perencanaan kegiataan bermain (belajar ) terjadi antara guru bersama anak. Sehingga guru bisa men respon imajinasi anak dan member semanagat kepadanya.

3. Anak bermain dengan teman bersama guru dalam postur tubuh bisa saling menatap ,peran guru tidak selalu berdiri tapi berjongkok atau lesehan tanpa bangku sehingga kebutuhan anak akan egosntrisnya dapat berkembang kerah lebih positif.

4. Anak diberi kesempatan memamerkan hasil karyanya atau pengalaman belajarnya dengan berbagai cara. Hal ini untuk mengetahui keterkaitan “kurikulum” dengan hasil belajarnya .

5. Laporan aktivitas anak secara berkala di sekolah dapat dikomunikasikan untuk perlakuan anak selanjutnya dirumah dan di sekolah.

6. Perubahan yang mendasar pada anak menjadi anak yang percaya diri,mandiri dapat mengerjakan tugas kebutuhannya sendiri.


Agar anak usia 3 tahun dapat tumbuh optimal ,ia perlu diberi kesempatan untuk berekplorasi seluas nya melalui kegiatan bermain (belajar ) dari lingkungan sekitarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar