Kamis, 03 November 2011

Mengeluh Kepada Anak dan Akibatnya..!



Kank ,apa salah ,saya menceritakan masa lalu selanjutnya saya selalu  mengeluh menghadapi anak anak saya…?


Menceritakan masa lalu adalah bagian dari sarana membangun keterdekatan dan keterbukaan kepada anak ,namun mengeluh tentang kondisi atau menghadapi anak anak hanya akan membuat anak merasa bersalah ,sekaligus meniru mengeluh adalah bagian dari penyelesaian sebuah persoalan…

Sesungguhnya apa yang ibu alami merupakan akumulasi kecemasan atau kekecewaan yang tidak terselesaikan ,sehingga ibu mengalihkannya kepada anak.Seringkali kelemahan ini kita gunakan dengan menyalahkan anak sebagai penyebab kondisi tidak nyaman yang ibu alami .Sikap mengeluhkan perilaku anak yang tidak tepat akan melemahkan self acceptance anak dan membuat anak tidak bisa mengkoreksi kesalahannya.

Jika terus menerus mengeluh ibu lakukan anak akan kehilangan semangat mencoba sesuatu lantaran takut gagal atau disalahkan oleh orang tuanya.

Ajaklah anak berdiskusi tentang resiko dari tindakan sekaligus mempertimbangkan tanggung jawab atas konsekuensi logisnya. Buatlah anak nyaman bersama anda sampaikan harapan anda dan kecemasan anda tentang mereka selanjutnya dengarkan pendapat anak….


Tidak ada komentar:

Posting Komentar