Selasa, 22 November 2011

Anak Prestasi &Mudah Kecewa,Cara Mendampinginya


Kank ,anak saya prestasi sekolahnya bagus,namun belakangan ini beberapa harapan nya untuk menjadi juara kelas gagal. Dibeberapa bidang anak saya sering mudah kecewa dan menyalahkan diri sendiri jika tidak berhasil.. Sebagai Ibu Apa yang semestinya saya lakukan..?


Jika Allah menghendaki kebaikan pada keluarga ,maka dikaruniakan padanya kelembutan dan kasih sayang (HR Abu Dunya)

Putra ibu memiliki kecenderungan prestasi sebagai bagian dari kebutuhan hidupnya,namun seiring dengan itu belum terlatih menghadapi kegagalan akibatnya mudah kecewa .Inilah beberapa cara mendampinginya:

Ketika anak anda merasa kecewa atas ketidak berhasilannya mewujudkan harapan ,jadilah anda sahabat yang paling dekat kepadanya untuk memahami kekecewaannya sekaligus memberikan support kepadanya ,masih ada kesempatan di lain waktu.Hargai perjuangannya .juara bukan hanya pemenang namun menyelesaikan kompetisi dengan baik dan sportif adalah juara sejati

Ketika anak anda merasa bahwa yang dikerjakan tidak pernah benar dan cukup baik ,anda harus mengajak anak melihat fakta fakta dari tugasnya dikerjakan sesuai prosedur yang benar. Sehingga anak memiliki pemahaman yang utuh atas proses pengerjaan tugas sehingga anak memiliki gambaran positif atas dirinya.

Ketika anak anda menjadi kelewat gelisah,cemas tegang memandang bahwa kompetisi /tugas harus dimenangkan jadilah anda coaching yang sanggup memberikan ketenagan kepada anak untuk percaya pada kemampuan dan fokus pada penyelesaian tugas tanpa harus berpikir menang kalah. Dengan demikian anak dapat menurunkan kadar stresnya saat akan berkompetisi.

Menjadi sahabat anak akan membuatnya jauh lebih termotivasi dalam meraih prestasi..!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar