Kamis, 10 November 2011

Anakku di Kelas IV SD TIdak PD.


Anakku di Kelas VI SD TIdak PD..

Kank anak saya kelas IV kalau dirumah belajar sama saya sepertinya sangat menguasai pelajaran .Tapi giliran di sekolah nggak berani maju alias tidak PD kenapa ya..?

Yang ibu perlu perhatikan adalah apakah perilaku ini munculnya mendadak atau sejak dulu .Jika sejak dulu berarti ada pola asuh yang ibu lakukan membuat dirinya tidak percaya diri. Namun jika mendadak apalagi mengeluh tentang guru kelasnya ada baiknya ibu menggali lebih dalam Sebab peran guru sangat berpengaruh terhadap motivasi belajar anak SD. Biasanya seperti ini


1. Mengingat terjadi pergantian guru dari yang sebelumnya disukai anak dengan guru baru .Anak perlu penyesuaian diri rasa tidak percaya diri timbul akibat guru bersangkutan menimbulkan efek trauma kepada siswa,baik dari ucapan maupun perlakuan.

2. Bisa jadi lantaran beban belajar anak kelas IV menjadi lebih banyak dari kelas III mengingat kelas IV adalah masa transisi anak untuk menguasai teori dan pemahaman buat bekal ujian.sehingga rasa percaya diri menjadi jatuh lantaran beberapa mata pelajaran tertentu dianggap sulit

3. Jenuh terhadap situasi kelas yang monoton dan tidak mengakomodasi perkembangan imajinasi siswa . Padahal imajinasi amat penting bagi siswa guna dinamika perkembangan psikisnya.

4. Guru/ orang tua bisa saja membuat siswa takut membuat kesalahan ,takut dimarahi,takut membuat resiko dan takut gagal sehingga anak tidak memiliki kepercayaan diri untuk tampil didepan kelas.

5. Persoalan yang dihadapi siswa akibat trauma psikologis,tekanan batin stress ,sehingga anak kesulitan mengekspresikan dirinya.

Jangan panik gali terus penyebab rasa tidak percaya diri anak selanjutnya beri kesempatan anak mengekspresikan diri.Jadilah anda sebagai orang tua yang dapat membuat anak berani curhat kepada anda !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar