Jumat, 26 Juni 2009

Science dan Perkembangan Psikologisnya


Lani : Anak saya sejak kecil suka IPA , bagaimana dengan perkembangan psikologisnya ?

Kank Hari : Kecenderungan seorang anak menyukai bidang keilmuan tertentu membuat sifat dan kepribadiannya menyesuaikan diri.Khusus science /IPA lebih mengarah kepada merangsang rasa ingin tahu anak atas kejadian dan proses alamiah. Lebih sederhana melatih anak memiliki naluri menjadi pengamat atau peneliti.

Sedangkan anak yang menyukai sains memiliki kecenderungan memiliki perkembangan

Creativity

Besarnya minat terhadap kegiatan pengamatan atau percobaan –percobaan sederhana. Seorang anak biasanya memiliki aktivitas,berimajinasi, mencari, mengembangkan rasa ingin tahu,melakukan uji coba sampai membuat kesimpulan.Anak anak dilatih belajar mencari tahu asal usul dan sebab akibat. Serta memahami latar belakang fenomena alam.

Kreatifitas muncul dalam bentuk pemikiran konsep dan hasil karya ilmiah yang bermanfaat.


Logic

Seorang fisikawan Ricard P Feyman (1918-1988 )pernah mengalami kejenuhan pada bidang ilmu yang digelutinya. Karena itu untuk menggairahkan kecintaan pada profesinya. Ia refresing dan bermain Frisbee (piring terbangyang dilempar ) dipinggir pantai.Pada saat piring yang dilempar melayang ia melihat bandul merah bergerak lebih cepat dari perputaran piring itu sendiri. Dengan penuh semangat ia mulai mengkaitkan dengan gerakan electron, yang membuatnya memperoleh Nobel fisika tahun 1965

Dengan kata lain belaja r science itu juga mengajarkan berpikir logis , sekaligus bisa mendapatkan ide meskipun dalam kondisi bermain (tak sengaja ).

Coriuosity

Ciri ciri anak yang menyukai science adalah memiliki rasa ingin tahu yang besar .Karena itu tugas orang tua :mengembangkan pengetahuan anak melalui rasai ngin tahunya yang terwujud dalam banyak nya pertanyaaan. Ajarkan mereka mencari dan menemukan data penunjang. Melalui berbagai informasi. Enksiklopedi , Koran, majalah televise sampai internet .

Bersyukurlah memiliki anak yang menyukai sicence. Namun jangan lupa latihkan juga kesenangan untuk berteman . Agar dia pun memiliki kecerdasan social. Dengan demikian dia mendapatkan harmoni kehidupan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar