Rabu, 08 September 2010

Konsultasi Kesulitan Belajar Siswa SMP I


Konsultasi Kesulitan Belajar Siswa SMP I


1. IPA Terpadu Mengapa Sulit

Anatasia, sby: Saya memang sudah tidak tahu lagi bagaimana membantu pelajaran IPA anak saya,padahal IPA juga hapalan namun mengapa nilai anak saya tidak lebih dari angka 7 ?

Kank Hari : Betul IPA memang hapalan hanya dalam menghapal harus tepat. Mengingat IPA itu sarat dengan muatan ilmu pasti. Sehingga memang tidak bisa hanya berdasarkan persepsi seperti IPS yang lebih mengeksplorasi untuk menggugah siswa membuat gagasan. Kecuali pelajaran sejarah yang memang harus tepat dalam kronologi dsb.

Yang dibutuhkan dalam menghapal IPA bukan cuma hapal teori dan konsep melainkan memahami teori tersebut. Mengingat teori tersebut merupakan penjabaran kenyataan alam .

Maka ajak anak gemar membaca selanjutnya mendiskripsikan yang dibacanya. Pahami melalui ringkasan materi pelajaran di buku teks selanjutnya perbanyak mengerjakan soal soal.Makin sering berlatih soal makin banyak mengenal rgam soal . Diharapkan makin mudah memahami konsep/ teori yang dimaksud.Jangan lupa ajak anak untuk gemar mencari informasi pengetahuan scien dan jangan lupakan seringlah berkonsultasi kepada gurunya.

2. Bahasa Inggris kok cuma meng hapal Grammer.

Emmy, sby, mengapa pelajaran bahasa Inggris disekolah hanya mengahapal konsep dan rumus bahasa ?

Kank hari : Pembelajaran bahasa Inggris disekolah memang didesain untuk menjawab soal soal teat bahasa inggris. Sehingga lebih mengajarakan kemampuan bahasa tulis. Tentusaja kalimat nya sesuai kaida –kaidah dalam bahasa Inggris.

Disamping itu kelas conversation lebih banyak diarahkan untuk listening skill mengingat kecakapan mendengar juga bagian dari test yang bakal dihadapi siswa.

Jika siswa menginginkan cakap dalam menguasai bahasa Inggris guna ketrampilan berkomunikasi . Ada baiknya putri ibu disemangati untuk berani membiasakan diri bercakap cakap dalam penggunnaaan bahasa Inggris dirumah atau disekolah. Karena ketrampilan menggunakan bahasa Inggris itu adalah pada aspek pembiasaan penggunaannya sehari -hari.


3. Pelajaran Komputer Ketinggalan zaman.

Husni, mojokerto. Putra saya dirumah terbiasa menggunakan laptop dan segala macam ragam programnya. Sehingga ia sudah terbiasa dengan program-program canggih. Sementara disekolahnya masaih mengajarkan program –program standart denagn lebih banyak teori. Kadang anak saya justru jadi malas .Apa yang mesti saya lakukan ?

Kank Hari : Biasanya disian pembelajaran komputer disekolah hanya untuk kecakapan menulis, membuat laporan , mnggambar dan internet .

Sedangkan fungsi komputer sendiri bukan hanya menyimpan data file dan mesin ketik,melainkanberfungsi sebagai Tehnologi Informasi Komunikasi diantaranya :

Pertama , sebagai sumber ilmu:penggunaan komputer sendiri itu sudah ilmu. Makanya teori dasar pemrograman juga diajarkan .Belum lagi jika terkoneksi dengan internet maka anak dapat menggali informasi berbagai pengetahuan .Sebagai penunjang kegiatan belajarnya.

Kedua, Komputer juga sebagai media komunikasi bahakan laporan kegiatan pembelajaran anak dapat dimonitor secara langsung.

Ketiga komputer adalah wahana rekreasi, siswa dapat menuangkan berbagai ide melalui ragam pemrograman.

Yang perlu bapak ajarkan adalah memberi semangat anak untuk mendemonstrasikan kemahiran menggunakan komputer dikelasnya .Sehingga ia merasa diakui kecakapannya tanpa rasa sombonbg. Bimbinglah putra bapak untuk berani sharing dengan gurunya dengan demikian putra bapak dapat mengaktualisasikan kemampuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar