Jumat, 02 September 2011

Mengajak Anak Peduli Masa Depan nya. Metode Berpikir Al Qur’an

Sebagai orang tua saya sering cemas melihat anak anak berperilaku yang tidak memikirkan masa depan,malas belajar ,doyan jajan,kebanyakan bermain dsb ,Bagaimana saya harus bersikap..?”

Perintahkan keluargamu untuk shalat dan sabar mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki dari kamu. Kamilah yang member rezeki kamu. Hasil akhirnya adalah untuk ketakwaan “. QS Thaha: 132.



Anak anak yang mampu melihat hasil akhir dari upayanya di masa depan cenderung tekun untuk mempersiapkan diri mencapai  keberhasilannya.Kecepat-tanggapan menatap masa depan ini diwujudkan dengan bagaimana melakukan perubahan sikap dalam  berperilaku.Kalau sebelumnya lebih banyak berhura hura –membuang waktu maka saat ini dimulai dari kegiatan yang memiliki arti.Mulai dari belajar,beribadah dan sikap hormat terhadap orang tuanya.Karena itu orang tua semestinya dapat mengajak anak “berimajinasi ‘ tentang hasil akhir dari pencapaiannya saat ini.

 “ coba bayangkan kalau kamu hari ini menabung lima ratus rupiah  saja dari uang jajanmu berapa uangmu tiga tahun lagi setelah lulus SMP”. Ini contoh ajakan yang melihat hasil akhir.

Barang siapa yang menjadikan akhirat sebagai tujuannya Maka Allah menjadikan hatinya kaya…”.HR At Tirmidzi.

Anak anak perlu diajak melihat kesempatan dalam kondisi kompleks dan penuh ketidak pastian. Dimulai dari melihat kondisi lingkungan ,lalu mengenali kebutuhan sekitarnya,sanggup mengenali kecenderungan perilaku di masa depan,termasuk penggunaan ICT guna kemanfaatan perkemabangan diri . Selanjutnya ditarik menjadi apa yang bisa mereka lakukan.

Ajaklah anak anak mengembangkan kretaifitasnya mereka memiliki ide yang cemerlang dan imajinatif ,jangan hanya memaksa mereka untuk berprestasi dibidang akademik saja.Namun perpaduan antara imajinasi dan prestasi akademik akan menghasilkan sebuah karya yang luar biasa. Setidaknya kecakapan berpikir akan mendorong anak untuk mewujudkan karya imajinasinya.

Ma ,kayaknya lebaran nanti cari warung pasti sulit deh,bagaimana kalau kita jual nasi pecel ,mumpung lebaran masih seminggu saya coba bagi brosurnya ya ma.Ada banyak kendaraan lewat depan rumah dari kampung sebelah..?”.  Ini adalah ide kreatif yang logis.


Ajarilah anak anak untuk berdispilin dalam penggunaan waktu ,dalam kegiatan apapun sebenarnya ketepatan waktu adalah penting. Contohnya waktu adalah uang ,terlambat sedikit bisa celaka dsb. Jika anak terlatih untuk tepat waktu kelak di masa depan merupakan orang yang dapat dipercaya dan diandalkan. Orang lain menentukan ukuran kepercayaan kepada anda dari ketepatan waktu anda memenuhi janji. Jika anak kita ajarkan untuk disiplin dalam penggunaan waktu maka ini merupakan dasar pembentukan integritasnya (dapat dipercaya).

Ajarkan anak untuk berani bertanggung jawab atas apapun pilihan sikap &minat nya. Mengingat cukup banyak anak yang memulai sesuatu hanya sebatas kesenangan sesaat. Bimbing anak untuk tidak  memberi banyak  alasan saat mereka merasa pekerjaan itu cukup sulit ataupun jangan biarkan anak meremehkan pekerjaan seringan apapun tugas itu.

Orang yang bisa diandalkan adalah orang yang dapat dipercaya dapat menyelesaikan  segala sesuatu yang sudah ia mulai..Demikian anak anak anda supaya dalam memilih bidang minat tidak sekedar suka suka berilah dukungan untuk menyelesaikan pilihan tugas yang dipilihnya.

Jadilah orang tua yang dipercaya anak ,semua yang anda ajarkan bisa diterapkan melalui keteladanan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar