Senin, 05 September 2011

PAUD : Mengenalkan Konsep Baik Buruk Pada Balita

“Hai anakku,Sebutlah nama Allah,makanlah dengan tangan kananmu  dan makanlah  makanan yang ada didekatmu”. HR Bukhari ,Kitabul  Ath ‘imah.

“Bisakah balita sudah kita kenalkan konsep  baik buruk ,kank ..?”.

By giving your child specific instructions and concrete examples ,he will learn quickly what you want him to do and how to do it. Journal of Applied Behavior Analysis




Balita menurut Piaget  memasuki tahap berpikir Pra Operasional  yaitu seorang anak dapat memahami symbol symbol termasuk kata kata.Anak ini dapat menggunakan kata kata untuk menceritakan,menginginkan sesuatu dan takut.Meskipun pola pikirnya masih berpusat pada dirinya sendiri dan sulit memahami kemauan orang lain namun dia juga mengerti rasa bersalah. Seperti ‘mama marah lantaran aku nakal…!”.

Menanamkan konsep baik buruk tidak serta merta langsung diterima dengan mudah oleh anak melainkan merupakan hasil beberapa “pengetahuan’ yang diperolehnya. Mengingat konsep baik buruk adalah sebuah tatanan nilai yang harus dibiasakan.Konsep baik buruk bagi anak akan efektif jika ,apa yang diketahui,dirasakan  dialami dan diyakini memberikan nilai positif baginya.artinya jika mendapat hadiah,pujian ,pelukan dsb.


“Anak mama sudah pinter sekarang, mainannya  selalu dikembalikan pada tempatnya..”.kalimat yang memperkuat perilaku positifnya.

  Sebaliknya jika perbuatan baik dirasakan sebagai sesuatu yang menakutkan ,tidak menyenangkan, paksaan akan cenderung menghasilkan ,pemberontakan,perlawanan dan penghindaran.


Sekalipun anak tidak secara langsung memahami aturan bail ,buruk ,boleh dan larangan.  Namun anak dapat menyesuaikan diri dengan pembiasaan yang dilakukan didalam keluarga.

 Orang tua perlu mengenalkan konsep baik buruk melalui kata dan pembiasaan agar anak bisa memahami sesuatu dan merespon yang diharapkan.Pengulangan kata dan pembiasaan akan membantu anak mengerti tentang apa yang harus dilakukannya.Ia  dapat bereaksi secara tepat untuk mengatasi perubahan atau tuntutan sekitarnya.

Mengenalkan  konsep baik buruk kepada balita perlu teladan dan pembiasaan dari orang tuanya ,sebuah keharusan..!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar