Rabu, 22 Juni 2016

Membangun Kecakapan Hidup Peserta Didik.

Pendidikan adalah upaya yang dilakukan untuk menciptakan kondisi yang lebih baik  bagi peserta didik untuk menghadapi beragam tantangan dan kesulitan yang  dihadapi sesuai dengan usia perkembangan nya.  Oleh karena itu pendidikan adalah proses memberikan pengalaman belajar, fokus pada refleksi diri agar siswa dapat meningkatkan pengetahuan, mengembangkan keterampilan dan hidup menjadi lebih bermakna. Berikut kiat membangun kecakapan hidup :



1. Berikan kesempatan kepada siswa untuk menggunakan asumsi analisa ataupun logika berpikirnya terhadap kondisi lingkungan yang dihadapinya .

2. Biarkan siswa menemukan konsep konsep  ideal untuk memecahkan problematika yang dihadapinya.

3. Dorong siswa untuk mengembangkan kemampuan memecahkan persoalan secara kreatif, baik buruk, resiko- manfaat, benar salah , mempertimbangkan berbagai faktor dsb.

4. Bimbing siswa untuk menemukan solusi dari persoalan yang dihadapinya melalui teknik investigasi, uji coba, mengembangkan rasa ingin tahu, menghitung resiko, berpikir kreatif dan menemukan makna dibalik kesulitan.

5. Rancang proses pembelajaran dengan melibatkan kemungkinan siswa memiliki keberanian menerima konsekuensi logis , kesalahan , kegagalan dan keberhasilan.
Siswa perlu dilatih untuk memiliki tanggung jawab dalam mengahadapi tantangan kehidupannya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar