Rabu, 01 Juni 2016

Pesan Rosulullah SAW- “Jangan beri contoh kekerasan pada anak !”.


Agresifitas dan kriminalitas yang dilakukan anak anak saat ini sudah sangat memperihatinkan. Entah mereka mendapatkan “contoh” model perilaku dari mana sehingga anak anak itu tega berbuat keji. Disisi lain tidak jarang pengaruh peniruan yang dilakukan anak anak yang diakibatkan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui tayangan audio visual juga mendorong terjadinya tindak agresif khususnya kekerasan pada teman sebaya juga sangat memprihatinkan. Belum lagi contoh kongkrit dari perilaku orang tua dalam berelasi dengan lingkungan yang diliputi kekererasan bahkan tidak jarang menggunakan ancaman dengan senjata tajam.


Karena dampak contoh kongkrit dan visualiasi gambar kekerasan akan tertanam kuat dibenak anak anak sebagai salah satu cara dalam mengatasi sebuah persoalan. Orang-orang yang lebih tua  mengajarkan kepada anak  mengatasi persoalan dengan ancaman, kekerasan  dan penggunaan sejata tajam, Sehingga anak anak menganggap wajar menggunakan cara cara itu dan bisa mengkristal membentuk karakter kepribadian anak. Akibatnya hilanglah sudah sifat kelembutan sebagai manusia yang tertinggal sisi buruk agresifitas (nafsu hewaniyah).

Rosullullah Bersabda sebagaimana disampaikan oleh Abu Hurairah seperti Hadist Riwayat Muslim dalam Kitab Birri Wash Shillah 4741   : “ Barang siapa yang mengacungkan besi kepada saudaranya para malikat melaknatinya sampai orang tersbut meninggalkan perbuatannya , meskipun yang diacungi itu saudara kandungnya”.


Jangan biarkan anak anak terbiasa menyaksikan ‘perilaku kekerasan dengan ancaman senjata dikarekan hal tersbut akan membentuk karakternya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar