Rabu, 03 Juni 2015

MENDETEKSI BAKAT ANAK SEJAK DINI (Naturalis & Matematik Logis)



Cukup banyak orang tua yang memberikan “beban” kepada anak untuk mengikuti berbagai kegiatan untuk mengasah bakat anak. Boro boro anak berprestasi atas kegiatan yang diikutinya malah sebaliknya anak menjadi stress karena sking padatnya berbagai macam les yang diikutinya. Lantas bagaimana caranya mengenali bakat anak tanpa harus memaksakan kehendak.

Bakat merupakan potensi bawaan yang selalu dimiliki oleh setiap orang bahkan Tuhan pun mempermudah kehidupan karir seseorang dimasa depan melalui bakat yang dimilikinya. Meskipun, tak ada ketentuan baku tentang pada usia berapa  bakat anak akan dapat dipastikan. Mengingat bakat sebagai potensi sangat bergantung dari bagimana stimulasi dari lingkungan dan peluang yang diberikan orang orang terdekat anak bersangkutan. 


Kemampuan orang tua dalam mengenali kecenderungan potensi bakat anak  memudahkan dalam memberikan stimulasi anak dalam mengembangkan bakatnya. Menurut beberapa pakar multiple intelligence anak memiliki  8 kecerdasan atau keberbakatan. Melalui pengenalan atas bekat tersebut memudahkan orang tua memberikan anak mengembangkan potensi dan meraih prestasi keberbakatannya :

Kecerdasan Naturalis

Profesi ahli ilmu alam, satrawan,pecinta alam ,pelestari lingkungan, ahli geofisika dan semua profesi yang berhubungan dengan alam dan lingkungan merupakan profesi yang dapat berjalan optimal melalui kecerdasan alam. 

Adapun ciri ciri anak yang memiliki potensi kecerdasan naturalis adalah anak lebih suka bermain dihalaman, enggan  terlalu lama didalam ruangan, suka pada binatang ,ingin memiliki hewan peliharaan, memiliki minat yang besar pada benda benda di lingkungan sekitarnya dsb. Mereka adalah anak anak yang menyukai alam  dan lingkungan sekitarnnya sebagai pertanda bagi orang tua bahwa mereka memiliki potensi kecerdasan naturalis

Stimulasi yang harus dilakukan orang tua adalah menyediakan peluang dan kesempatan agar anak dapat mengeksplorasi rasa ingin tahunya saat berada diluar ruangan,membacakan buku buku tentang binatang dan tumbuhan akan memperkuat rasa ingin tahunya mengajak anak berrekreasi kelam bebas akan membuat anak terasah rasa ingin tahunya.  

Kecerdasan Matematik Logis

Insinyur,akuntan, pakar matematik ,ahli teknologi,dokter ,apoteker dan berbagai profesi yang lebih banyak menggunakan hitungan adalah merupakan profesi yang sesuai pada anak yang memiliki bakat di bidang matematik logic.

Mereka adalah anak anak yang sangat menguasai matematika sejak dini,berhitung dengan cepat,suka menganlisa sebuah keadaan,mereka sangat suka belajar IPA dan matematika ,suka diajak bermain tebak tebakan dan teka teki,suka bermain dengan permainan yang banyak menggunakan pikiran sperti catur halma dan selalu memiliki rasa ingin tahu yang tinggi . 

Stimulasi  yang perlu dilakukan orang tua kepada anak adalah menemani anak bermain dalam permainan yang memanfaatkan logika, anak banyak ditanya dengan pertanyaan yang membuka pikiran mereka seperti mengapa begini, mengapa begitu..?, anak dilibatkan dalam kegiatan perhitungan seperti memasak menakar bumbu,menyusun barang sesuai kategori dsb.

Dengan  demikian anak akan terasah konsep berpikir logis serta kecerdasan matematika makin terasah. Bersambung..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar