Kamis, 24 Maret 2011

Lebih Suka Main Game, Menjelang Ujian Nasional … ?


Lebih Suka Main Game, Menjelang Ujian Nasional …




Ibu nunuk : Anak saya kelas III SMP ,saat ini malas belajar dan lebih suka main game ,padahal saya cemas nilainya jebblok ,Perilaku ini terlihat sejak kelas II SMP,Bagaimana cara menyadarkannya ..?


Kank Hari: Setiap perilaku pasti memiliki latar belakang penyebabnya.Jika perilaku main game itu terlihat sejak kelas II SMP. Hampir dipastikan pengaruh lingkungan lah yang menyebabkan begitu. Terutama teman sebayanya, pengaruh nya sangat kuat dalam membentuk perilaku dan kepribadiannya.di usia remaja.

Sedangkan kebiasaan belajar ditentukan oleh hasrat yang kuat untuk belajar. Hasrat belajar ditentukan oleh cara pandang terhadap belajar. Karena itu ibu perlu membangkitkan cara belajarnya melalui cara pandangya terhadap arti belajar.Orang sangat bersemangat melakukan sesuatu bila dianggapnya member dampak menyenangkan atau memberi arti penting baginya.Demikian juga anak.

Ajaklah anak menemukan cita citanya,minimal pilihan sekolah lanjutan yang diminatinya selanjutnya ajaklah anak melihat syarat diterima terutama Nilai Ujian Nasionalnya .Biarkan anak mengukur sendiri prestasi yang sudah diraihnya dan harapan yang ingin dicapainya.Selanjutnya berikan semangat dan dukungan kepadanya.

‘’ Insya Allah ,jika Allah menghendaki ,kamu akan mencapainya,maka ibu bantu ya supaya hal itu terwujud. Mulai saat ini ibu kan dampingi upayamu untuk mencapainya dengan belajar sungguh sngguh …Ingat Allah akan senantiasa menolong hambnya selama hamba itu mau menolong dirinya’.kalimat ini akan dapat memotivasi semangatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar