Rabu, 16 Maret 2011

Bagaimana Mengarahkan Karir Pendidikan Siswa ..?


Bagaimana Mengarahkan Karir Pendidikan Siswa ..?

Sugio : Saya guru biologi di SMP Swasta favorit ,namun demikian saya sering dijadikan tempat curhat bagi anak anak . Sampai suatu saat ada salah seorang siswa kami mengkonsultasikan jenjang karir pendidikannya ,Apa yang mesti saya lakukan kank?


Kank Hari: Selamat pak ,karena bapak terpilih menjadi tempat curhat bagi siswa. dengan demikian anda dapat berinteraksi dan memberikan “arahan” bagi mereka. Berkaitan dengan kepercayaan sisswa membagi persoalannya dengan karir pendidikannya .Maka yang bisa bapak lakukan adalah sebagai berikut:

Pertama,Bimbing Siswa Mengenali Dirinya

Ajaklah siswa mengenali kompetensi yang dimiliki terutama prestasi akademiknya. Seperti ajak lah dia mencermati raport atau pelajaran yang dipaling dikuasai..dan dikuasai Selanjutnya ajaklah dirinya mengenali cita cita minimal sekolah lanjutan yang bakal dimasukinya Dengan siswa menyadari kemampuan nyata yang dimiliki dirinya bisa membuat perkiraan ke jenjang karir pendidikan berikutnya.


Kedua, Arahkan Memperkuat Ilmu yang Dikuasai dan Disukainya

Mulai dengan mengarahkan siswa untuk menguasai secara optimal ilmu yang menjadi focus pengembangan kompetensinya.Tentunya tanpa mengabaikan mata pelajaran yang lainnya . Dorong lah dia berani mendekati guru mata pelajaran bersangkutan.Selanjutnya berikan semangat padanya untuk memperkaya pengetahuan dari berbagai sumber informasi.. Terangkan arti kesungguhan belajar yang membawa keberhasilannya di masa depan.



Ketiga ,Bangkitkan Kecakapan Sosialnya

Dalam meniti karir pekerjaan tidak luput dari kecakapan berjejaring (network ) karena itu. Berikan gambaran padanya untuk memiliki keberanian bergaul dan menemukan organisasi atau instansi yang memungkinkan karir nya terwujud. Ajari siswa untuk meiliki kecakapan bergaul dan beradaptasi pada berbagai lingkungan.


Keempat ,Kenalkan Jenjang Pendidikan

Miliki penguasaan data /informasi tentang jenjang sekolah lengkap denga syarat dan jenisnya.Ajak siswa menggali informasi dari berbagai media yang memungkinkan bakat,minat serta kompetensinya terakomodasi.Sehingga siswa mendapatkan sumber data yang valid.

Jika perlu sarankan dirinya berkonsultasi pada guru BPnya atau psikolog guna mendapatkan kejelasan tentang karir masa depan pendidikannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar