Selasa, 11 Mei 2010

Kepuasan Siswa dan Prestasi Akademiknya


Kepuasan Siswa dan Prestasi Akademiknya

Danuwiryo : Kank ,bagaimana mungkin setiap anak pada dasarnya cerdas.Dan bagaimana peran guru dalam meningkatkan prestasi akademiknya ?

Kank Hari :Seperti yang sudah anda ketahui bahwa , setiap anak memiliki kecerdasan masing –masing yang dikenal dengan teori multiple intelligence.Harapannya setiap siswa dapat terangkat kemampuan keberbakatannya. Memang tidak selalu prestasi akademik !

Sedangkan prestasi akademik dalam banyak penelitian . Ambil contoh peserta oliempiade sains juga berasal dari daerah terpencil. Termasuk beberapa mahasiswa ,pejabat dan dokter juga dari beberapa daerah bukan kota besar. Artinya prestasi akademik juga merupakan hasil perjuangan siswa dan guru.

Wajar bagi guru merasa ragu akan keberhasilan dalam tugasnya. Jika input ,sarana dan prasarana tidak mendukung.Berangkat dari persoalan ini semestinya seorang guru harus mampu memilih dan memilah persoalan.

Siswa yang tidak menguasai materi yang telah diajarkan lantaran siswa benar benar tidak mampu (anak berkebutuhan khusus) atau guru mulai berani introspeksi diri tentang metode mengajarnya. Metode mengajar yang tidak sesuai antrophologi siswa!
Karena itu tetapkan target yang masuk akal sesuai kondisi siswa yang anda hadapi.

Guru semestinya memiliki kecakapan dalam membuat persiapan mengajar yang disukai siswa dan relevan dengan contoh yang sedang diketahui siswa. Dengan demikian profesionalitas guru secara optimal dapat membawa perubahan sikap belajar siswa.


Tidak ada jalan tol untuk membuat semangat belajar siswa tinggi.Jangan berharap segala sesuatu bisa terjadi seperti yang anda inginkan dan biasa anda lakukan. Carilah penjelasan secepat mungkin !

Penguasaan materi pelajaran ,ketepatan pemilihan penggunaan materi mengajar dan kecakapan menggunakan metodologi serta pemilihan alat peraga yang relevan. Akan mempermudah anda dalam menentukan alat evaluasi yang tepat serta membuat situasi pembelajaran dikelas menjadi menarik.

Siswa yang puas akan bersemangat belajar .Dengan demikian berpengaruh pada kompetensi akademiknya. !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar