Selasa, 11 Mei 2010

Guru Ingin Tampil Beda(Personal Differentiation )


Guru Ingin Tampil Beda(Personal Differentiation )

Heppi,sby: Saya sejak kecil ingi menjadi guru karena kecewa dengan perilaku guru saat saya sekolah. Saat ini saya menjadi guru SMP . Saya ingin siswa memiliki gairah belajar. Mengingat waktu belajar siswa di daerah kami lebih banyak digunakan santai. Bagaimana agar saya bisa berbeda dan disukai siswa?

Banyak siswa mengeluh tentang guru-gurunya, disekolah kami ?


Kank Hari :Berbeda adalah hukum alam karena anda memang secara nyata memang berbeda dengan orang lain.

Namun perbedaan itu bukan sekedar asal berbeda,semestinya perbedaan itu dapat dirasakan kemanfaatannya oleh siswa.

Anda sebenarnya sudah menampakan perbedaan dengan anda dipercaya siswa untuk menyampaikan keluhannya disekolah. Pertahankan itu !

Jika anda ingin perbedaan anda dapat efektif dalam kegiatan belajar dan mengajar. Sekaligus dapat menciptakan citra diri positif ,personal branding.

Maka mulailah mengenal filosofi dasar ,fungsi dan tujuan pendidikan nasional.Agar dalam penguasaan materi ajar dapat anda sampaikan dengan cara berbeda.Baik metodologinya atau cara penyampaiannya. Sehingga anda dapat mengembangkan situasi kelas yang interaktif-kreatif serta kondusif.

Dengan demikian siswa betah dikelas anda karena tidak membuatnya jenuh. Sekaligus menantang gairah belajarnya.

Meskipun berbeda dalam menyampaikan materi ini dapat ditiru oleh guru lain. Setidaknya anda sudah menjadi inspirasi bagi guru lain.

Perbedaan yang sulit ditiru adalah keihlasan anda sebagai guru. Mulailah menghayati arti jiwa seorang pendidik. Tentu bukan cuma mengajar !

Menyanyangi siswa seperti anak sendiri. Memperhatikan potensi serta kendala dalam belajarnya dan memberi solusi baginya . Hal ini adalah bagian dari sifat terpuji kepribadian dari jiwa seorang pendidik. Tidak semua guru dapat melakukan tugas mulia ini..!

Terkadang siswa bukan tertarik pada apa yang diajarkan guru. Karena banyak siswa kesulitan menguasai bidang mata pelajaran tertentu. Jika gurunya tidak disukainya,melainkan siswa bisa tertarik pada kepribadian guru. Sehingga siswa justru melejit potensi akademiknya karena dimbing guru yang disukainya.

Milikilah kepribadian yang patut digugu dan ditiru ,karena anda memang guru !
Sekaligus anda telah membangun perbedaan yang kuat dan bermanfaat bagi siswa .Personal differentiation !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar