Sabtu, 12 Januari 2013

Tips Bermain Dengan Anak



Bermain adalah sesuatu yang menyenangkan dapat mengembangkan rasa percaya diri, mendorong kreativitas dan menimbulkan kepuasan. Hal  ini sangat berguna bagi pembentukan karakter anak sekaligus meningkatkan ikatan emosi antara orang tua dan anak nya. Agar anak suka bermain dengan anda sebagai orang tuanya inilah tips nya:

1.       Jadilah teman bermain anak ,saat anda masuk dalam dunia bermainnya ,jangan gunakan figur otoritas sebagai orang tua dalam permainan,karena permainan akan mengasyikan jika dilakukan dengan tanpa beban ,suka sama suka ,setara dan menjalankan aturan permainan sebagaimana mestinya. Sehingga secara tidak langsung anda dapat mendorong anak untuk membangkitkan motivasi dan daya saing dalam bermain. 

2.       Nikmatilah permainan dengan rasa senang bersikaplah sportif jika harus menerima kekalahan ,buatlah kegiatan  bermain bersama anak  menjadi menyenangkan ,sehingga anak juga menikmati permainan bersama anda dengan  riang gembira.  

3.       Jangan hanya berorientasi pada bagaimana memenangkan permainan tetapi bagaimana mengajak anak menjalani proses bermain ,karena tujuan bermain adalah aktivitas bermain itu sendiri  bukan hanya persoalan siapa yang menang dan kalah.

4.       Buatlah aktivitas bermain dengan melibatkan aktivitas emosi,kreativitas tanpa beban sehingga anak benar benar merasa sangat gembira bersama  anda. Dalam bermain ,kesenangan bermain    merupakan  upaya  penghayatan pemain  sepenuhnya. Karena itu bersenang senanglah saat bermain bersama anak .

Bermain dapat mengembangkan potensi terpendam dalam diri anak yang menghasilkan kompetensi  keterampilan,imajinasi dan rekreasi sekaligus  meningkatkan  keakraban serta keterikatan emosi akan anak bersama orang tuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar