Kamis, 17 Januari 2013

Memperbaiki Citra Diri Negatif Siswa



Saya memiliki siswa yang dulunya dikenal nakal dan bermasalah,sebagian guru banyak yang melabel negatif siswa  tersebut. Saya khawatir jika hal ini terus dilanjutkan akan berdampak pada ‘kenakalan ‘ anak yang sudah bertobat. Dia memang lebih banyak curhat kepada saya ,meskipun  saya bukan guru BK . Apa yang mesti saya lakukan...?
 





. Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi Sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari Kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta; dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. mereka Itulah orang-orang yang benar (imannya); dan mereka Itulah orang-orang yang bertakwa. Qs Al Baqarah 177


Selamat ,anda telah menjadi sahabat siswa dalam berbagi kecemasan yang dia hadapi . Tetaplah bertahan seperti saat ini  dengan mendatangkan rasa nyaman dalam diri  siswa dan jagalah kepercayaannya..Inilah kiatnya:




 Ajaklah Siswa Belajar Dari Kesalahannya dan Para Guru Menyadari Kesalahan adalah Proses Belajar.

Manusia pada dasarnya tidak dapat lepas dari melakukan kesalahan,namun jika kesalahan mengakibatkan  seseorang terpuruk ke dalam  kesalahan yang lebih dalam lagi .Tentu sangat berdampak  negatif bagi perkembangan kepribadian siswa. Padahal semestinya dengan belajar ,mengapa ,mengambil hikmah dan optimis menatap masa depan lebih akan membuat siswa  lebih optimis. Rasa optimis inilah yang dapat membuat siswa memiliki rasa percaya diri untuk berpikir dan berperilaku menuju kebaikan dan kemajuan di masa depan. Selanjutnya ajaklah para guru memiliki persepsi bahwa siswa  perlu di maafkan dan dibina saat melakukan kesalahan ,agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan mendapatkan pelajaran yang bermakna bagi siswa.

Ajak Siswa  Optimis, Dorong Rekan Guru Bersedia “ Mendidik”

Kesuksesan  merupakan hak setiap orang termasuk siswa yang bermasalah .Dikarenakan orang sukses   memiliki respons positif  terhadap masalah, perilaku siswa dalam menghadapi masalah menentukan apa yang ingin siswa raih. Citra diri siswa adalah cerminan dari pemikiran pemikiran dan perilakunya,ajarkan kepada siswa untuk mengenali potensi positif yang dimiliki ,dengan membuat daftar hobi dan kesukaan yang mereka miliki serta prestasi yang pernah diraih. Dengan menyadari potensi yang dimiliki maka siswa dapat terbangun rasa percaya dirinya.
 Rekan  guru perlu dibangkitkan  kesadaran mendidik ,seperti apapun kondisi siswa ,mendidik siswa bermasalah adalah tanggung jawab pribadi  ,ajak mereka menemukan cara cara  lebih efektif  untuk fokus pada apa yang bisa dilakukan untuk memperbaiki siswa yang sudah bertobat.

Bimbing Siswa Mewujudkan Cita Citanya Rekan Guru Mensupport.

Setelah siswa mengenali potensi yang dimilikinya ,ajaklah untuk membuat rencana  tindakan mewujudkan impiannya dengan menetapkan langkah langkah nyata yang bisa dilakukannya. Dorong siswa untuk berani memulai rencana tindakan yang sudah ditetapkannya sehingga menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang diulang akan menghasilkan rasa percaya diri yang berdampak kepada perbaikan citra diri positif dalam diri siswa.  Sementara itu ajak rekan guru untuk mensupprot langkah yang dilakukan siswa bersangkutan . dengan demikian siswa merasa bahwa dirinya telah diterima dan dihargai sebagaimana mestinya.

Setiap orang bisa saja berbuat kesalahan tetapi yang paling penting bagaimana mereka belajar dari kesalahannya itu agar tidak terulang termasuk siswa kesalahan adalah proses belajar bagi perkembangan psikososialnya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar