Sabtu, 05 November 2016

Rahasia Mendidik Anak Takut Gagal Menjadi Prestasi




 Make Over, Momo Indie Model Berbakat Surabaya
Rasa tidak percaya diri bisa berwujud pada perasaan tidak berdaya dalam menghadapi tantangan dan kesulitan serta tanggung jawab terhadap kewajiban yang harus dijalani. Perasaan takut gagal, sering membuatnya tidak memiliki keberanian mencoba,  kehidupan anak anak ini mudah cemas ketika menghadapi perubahan sehingga sulit meraih prestasi baik akademik maupun non akademik. Lantas bagaimana rahasia mendidik anak takut gagal, berikut kiatnya:


1.     Ajarkan anak untuk mengenali antara kecemasan yang belum tentu terjadi dan resiko nyata yang harus dihadapi.Ambil contoh, yakinkan anak untuk percaya diri saat akan mengerjakan ujian nasional karena sudah mempersiapkan diri secara matang jadi tidak perlu cemas. Dan kenalkan resiko yang dihadapi anak ketika anak akan mengikuti kegiatan petualangan menyebrangi sungai yang deras tanpa coach  dan pelindung yang memadai serta keterbatasan dirinya  dalam berenang, mengingat korban petualangan seperi ini sudah banyak.  

2.    Dorong anak untuk memetakan ketakutan ketakutan gagal yang dipikirkan  dengan kemampuan membuat skala prioritas , seperti , ajarkan  anak untuk  tidak terlalu cemas terhadap cita cita masa depannya yang masih membutuhkan waktu lama untuk mencapainya, sementara dorong anak untuk berani mencoba segala peluang yang bisa diambilnya saat ini.

“Orang sukses dan tokoh besar dunia bukanlah orang yang tidak mempunyai rasa takut , namun mereka adalah orang yang dapat mengelola rasa takutnya menjadi sukses luarbiasa “.  Kank Hari Papa Momo Indi Model, Motivator Nasional Parenting Gen Z

#Rahasia Sukses Parenting Z’tizen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar