Jumat, 04 November 2016

Pentingnya Harga Diri bagi Peningkatan Prestasi Z’ tizen




Momo Indie, saat rehat Syuting Film 17 'an  Bersama para aktris
Bagi Z’tizen  harga diri adalah hal yang tidak bisa ditawar, mengapa..?

Karena harga diri atau self esteem adalah cara pandang dan perasaan berharga tentang diri sendiri dibandingkan orang lain memandang dirinya. Harga diri negative dapat berpengaruh pada dirinya , mulai dari minder, tidak PD, mudah stress bahkan anti social. Tidak jarang tawuran dan kekerasan lainnya dikalangan gen z akibat tersinggung karena persoalan harga diri. Lantas bagaimana menumbuhkan self esteem positif  gen z..?,  berikut kiatnya: 

1.     Dorong remaja untuk percaya pada kemampuan /kompetensi yang dimilikinya untuk mencaai mimipi dan cita citanya. Memiliki rasa percaya diri kepada diri sendiri dan pada kompetensi yang dimiliki bekal dasar meraih sukses. 

2.     Berikan semangat jika remaja mendapatkan “padangan sebelah mata”  atas cita cita yang ingin dicapainya , karena banyak tokoh besar dunia berawal dari dilecehkan orang sekitarnya. Tunjukkan bahwa remaja anda memiliki keunikan , bakat dan keistimewaan yang bisa dikembangkan. 

3.    Buat remaja anda untuk focus pada tujuan dan rencana sukses yang akan dilaksanakan, karena berupaya keras mencapai tujuan membuat dirinya memiliki perasaan berharga.

4.    Jangan  bandingkan capaian prestasi remaja anda dengan prestasi yang diraih  remaja lainnya dengan bakat yang berbeda. Buatlah remaja anda yakin pada minat dan bakat yang dimiliki nya dikarenakan masing masing orang bisa sukses dengan bakatnya sendiri sendiri.

5.    Jangan menuntut remaja untuk sempurna dalam segala hal, biarkan remaja melakukan kesalahan , dan mencoba lagi untuk berhasil, dikarenakan kesalahan adalah proses pembelajaran untuk sukses. 

6.    Remaja sukses bertanggung jawab atas keputusan nya sendiri , mereka punya kemampuan dan tanggung jawab atas  keputusan untuk mencapai suksesnya sendiri.  

"Self esteem merupakan proses pembelajaran, pembiasaan dan pembentukan karakter yang berjalan secara berkesinambungan.  Buatlah remaja anda menumbuhkembangkan potensi harga diri positif yang dimilikinya" Kank Hari Papa Momo Indie Model, Motivator Nasional Parenting Gen Z

Tidak ada komentar:

Posting Komentar