Sabtu, 05 November 2016

Rahasia Mendidik Anak Mudah Sensi (sensitive) Menjadi Prestasi




Momo Indie , Syuting Film 17 an di St Louis Surabaya
“Mereka itu sepertinya , menyepelekanku, kalau tidak dicegah teman sebangku ku sudah aku cakar  anak itu..?”. sambil mengepalkan tangannya.

Mudah tersinggung  bagi remaja adalah bagian dari psikodinamika dari ego nya, namun jika setiap keadaan dianggap sebagai serangan kepada dirinya karena terlalu sensitive tentu bukanlah hal yang sehat untuk perkembangan selanjutnya. Lantas bagaimana menghadapi remaja yang mudah sensitive..?, Berikut rahasianya..?


1.     Pastikan perlakuan orang tua selama ini tidak memberi teladan perilaku mudah sensitive kepada mereka atau meninggalkan jejak trauma yang membuat anak sering kecewa dan sulit melupakan kekecewaannya. Hal inilah yang membuat anak menjadi mudah sensitive.

2.    Ajaklah anak mencerna ‘kebenaran’ kritik terlebih dulu, dengan melatihnya untuk  bersabar mendengar penjelasan. “Kamu itu cantik, tapi jika wajahmu kusut gitu ,jadi kurang cantiknya..?”. 

3.    Berikan peluang bagi anak untuk menyampaikan pendapat atau keberatan atas kritik yang dianggapnya kurang adil bagi dirinya agar anak belajar mengelola emosinya dengan baik.

4.    Berikan contoh keterampilan mendengar penjelasan anak dengan baik agar anak memiliki kemampuan mendengarkan ucapan orang lain dan mengevaluasinya serta bijak dalam mengambil keputusan  secara lebih baik.

Remaja perlu dilatih  mengendalikan diri agar tidak mudah tersinggung atau mudah sensitive. (Kank Hari Papa Momo Indi Model, Motivator Nasional Parenting Gen z)
  
#Rahasia Sukses Parenting Z’tizen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar