Jumat, 06 November 2015

Kiat Tingkatkan Prestasi Siswa Di Era Digital



Dari perjalanan saya kebeberapa daerah di Indonesia  Timur dan Jawa Timur mengunjungi sekolah , dinas terkait dan beberapa perusahaan  untuk menjadi motivator sekaligus reportase kegiatan pendidikan  dan pengembangan SDM di wilayah itu. Ada hal yang menarik dari sistem pelayanan pendidikan di daerah tersebut yakni keberanian pengelola sekolah khususnya pendidik  untuk keluar dari “mainstream” sebuah lembaga pendidikan. Mereka memahami bahwa peserta didik  yang tadinya pasif, patuh telah berubah menjadi generasi yang kritis, kreatif, aktif, terkoneksi secara sosial dengan perangkat TIK.


Ada maslah besaryang harus difahami para pendidik tentang pemanfaatan perangkat gadget dikalangan peserta didik  secara  online untuk sekedar “entertainment”  dengan investasi waktu untuk kegiatan pembelajaran. Ada banyak peluang yang bisa dimanfaatkan dari penggunaan perangkat digital sebagai sumber dan media pembelajaran daripada sekedar membuang waktu percuma. Oleh karena itu peran pendidik dibutuhkan untuk membuat aturan baru sebagai sistem nilai yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan siswa  dalam pemanfaatan perangkat digital, melalui :
 
1.       Pemahaman perilaku siswa  era digital, dengan  memahami perilaku siswa  saya percaya  setiap pendidik  memiliki moivasi segala sikap dan tindakan mereka sebagai pendidik.
2.       Keterampilan komunikasi, saya meyakini  komunikasi merupakan kunci pembuka dari kesalah pahaman persepsi terhadap pemanfaatan ICT  dan pengaruhnya.
3.       Kesanggupan terkoneksi, para pendidik harus berani menerima, mendengar dan merespon secara realtime saat siswa “berkicau” untuk menumpahkan curahan hati dan memberikan kritik pada pelayanan pendidikan yang diterimanya.
4.       Pentingnya memiliki  pemahaman new mindset, new student,dan new strategy for learning, dikalangan pendidik. 
5.       Menstimulasi peserta didik untuk berpendapat positif, telibat dalam kegiatan pembelajaran berbasis ICT, berpartisipasi dan mempersiapkan pendekatan genarasi era digital.
6.       Kesiapan pelayanan pendidikan melalui proses sistem pembelajaran dan MBS serta SDM untuk memastikan kesiapan memasuki sistem digitalisasi dalam pembelajaran. 
7.        Menggunakan  perangkat teknologi untuk sistem manajerial, kepemimpinan, sistem proses dan struktur serta  sebagai sistem informasi dan komunikasi pendidikan
 Saya yakin saat ini, sudah saatnya ICT dipergunakan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar