Kamis, 03 September 2015

Mengapa prestasi belajar anak SD tergantung cara orang tua memperlakukannya..?

Setiap anak pada dasarnya adalah spesial dan unik, kembar sekalipun mereka tetap berbeda satu sama lain termasuk berbeda kepribadiannya. Dimana kepribadian sering diasosiasikan sebagai sifat, watak , kebiasaan, tingkah laku , karakter dsb. Sebagaimana disampaikan oleh Gordon W Allport dalam bukunya The Individual and his Religion, menyatakan kepribadian sebagai : “personality is the dinamic  organization within the individual of those psychophysical system that determine  his unique adjustment to his environment “. 


Oleh karena itu mengenali kepribadian anak akan lebih memudahkan para orang tua mendampingi putra-putrinya dalam kegiatan belajar dirumah sekaligus dapat menjadi motivasi bagi peningkatan prestasi akademik mereka.

Dalam bukunya “How to Help Your Child With Home Work”,  Shay Schumm, Ph.D menyebutkan ada empat sifat dengan ciri ciri nya yang khas pada diri setiap anak dalam kegiatan pembelajaran nya sekaligus bagaimana peran orang tua dalam memperlakukannya, adapun sifat sifat itu adalah :

1.       Tipe  Si Cermat

2.       Tipe Si Suka Bergaul.

3.       Tipe Si Temperamen.

4.       Tipe  Si Suka Bekerja.

Khususnya pada anak jenjang Sekolah Dasar. Dimana perkembangan psikososial dan kognitif nya  dan tantangan pada ketuntantasan akademik sedang tumbuh pesat maka peran orang amat penting dalam meningkatkan prestasi belajar mereka .   Untuk itu jika anda ingin mengetahui lebih dalam silahkan anda klik masing masing  tipe untuk mengetahui ciri ciri sifat dan cara pendampingannya. Salam Indonesia Jaya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar