Kamis, 25 Desember 2014

KANK HARI PSIKOLOGI PARENTING TUTORIAL : Menghadapi Anak Mudah Kecewa dan Mudah Cemas .

Kank, anak saya  remaja kelas x   merasa  sangat kecewa jika harapan nya tidak tercapai, dia sering terlalu cemas terhadap apa yang diupayakannya dan terlalu serius kurang santai, lantas bagaimana caranya saya membimbingnya...?

Apa yang terjadi pada putera ibu sebenarnya terletak pada kepribadian yang memegang teguh nilai dan prinsip prinsip  yang dianutnya, kecenderungan yang terjadi adalah memiliki kemampuan analisa yang mengendalkan logikanya sendiri inilah yang menyebabkan dirinya mudah cemas. Hasrat besar untuk mencapai keberhasilan yang terbaik bagi pencapaiannya membuat putera ibu sangat kecewa jika  hasil yang diadaptnya tidak sesuai dengan standar harapan yang ditentukannya sendiri.

Guna membangun kemampuan “menikmati” hidup maka sebagai orang tuanya anda harus dapat mengembangkan sikap sebagai berikut:


  1. Berusahalah untuk menghargai setiap prinsip yang dianutnya, berikan wawasan konsekuensi logis dari implementasi tindakan yang diambilnya,sehingga kemampuan logikanya dapat mengenalisa manfaat dan kerugian ,benar atau salah dan baik atau  buruk terhadap  keputusan tindakan yang diambilnya.  Dikarenakan kecenderungan  yang diambilnya sering kali banyak pertimbangan dan ketekutan akan gagal ,maka perhatian dan penghargaan orang tua akan banyak memperkuat rasa percaya diri dan membentuk  harga diri positif.
  2. Ajaklah anak anda untuk bergembira dan bersikap santai dalam menanggapi berbagai persoalan termasuk tugas yang  harus diselesaikannya,ingatkan tentang pentingnya  manfaat beristrahat sekaligus pentingnya mengerjakan tugas dengan perasaan senang dan tenang agar pekerjaan  dapat berhasil secara optimal. Sehingga anak tidak hanya terfokus pada hasil yang dicapainya dengan sempurna tapi dapat menikmati proses pencapaiannya. Sampaikan dengan bahasa yang lemah lembut yang dapat memperkuat keyakinan diri atas tugas yang harus diembannya.
  3. Ajaklah anak untuk mensyukuri setiap pencapaiannya walaupun belum sempurna dengan melihat “kebawah” atas ketidak sempurnaan yang dicapai orang lain dengan tetap mengajak anak untk menemukan upaya perbaikan. Serta meyakini pertolongan TUHan atas kesungguhan upayanya dalam mengejrakan tugas untuk mencapai keberhasilan yang diinginkannya. 
  4. Kembangkan hobi dan minat anak agar anak tidak hanya terfokus pada beban tugas yang harus dicapainya secara sempurna, memberikan kesempatan mengembangkan hobi pada anak akan membuat anak dapat refresing  dari berbagai persoalan yang dihadapi sekaligus dapat menyalurkan kegembiraan dari kegiatan yang disukai nya sekaligus terbangun kebiasaan baru bagi anak untuk bergembira dalam menyelesaikan berbagai tugas.
  5. Miliki rasa humor terhadap segala persoalan yang harus diselesaikan anak tanpa bermaksud mengganggap remeh persoalan yang dihadapi  anak ,agar anda dan anak tidak selalu dalam kondisi cemas serta bersitegang untuk persoalan yang kadang kadanhg buka n persoalan prinsip dan genting. Dengan demikian anak tidakterlalu serius menanggapi persoalan dan menyelesaikan pekerjaan  dengan rasa senang tanpa cemas yang berlebihan,hal tersebut baik untuk kesehatan fisik maupun psikologi nya.     


“Kadang Humor sering kita anggap tidak terlalu penting ,namun memiliki arti yang penting bagi kita terutama ketika berhadapan dengan persoalan yang  krisis dan  genting,karena itu miliki rasa humor segenting apapun persoalan yang anda hadapi saat ini”. Kank Hari 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar