Selasa, 30 Desember 2014

Kiat Mendidik Siswa Keras Kepala

Kank, siswa kami memiliki semangat juang tinggi, tidak jarang ia suka mengontrol keadaaan dan gigih mempertahankan pendapatnya. Bagaimana saya mengarahkannya..?

Kecenderungan siswa keras kepala  merupakan  hasil pola asuh dan pendidikan keluarga atau lingkungan,hal ini disebabkan  naluri mempertahankan diri dari “serangan” atau ketidak berdayaan yang dipelajari, bahasa lainnya meniru orang sekitarnya. Disisi lain siswa yang keras kepala memiliki hasrat untuk memperbaiki diri sekaligus memegang teguh prinsip yang diyakini kebenarannya.

Mereka sesungguhnya anak anak yang menyukai tantangan karena ingin membuktikan kebenarannya, disisi lain mereka tertarik pada tugas tugas  yang “menstimulasi” rasa tanggung jawab,suka memecahkan masalah dan memberikan solusi. 


  Berikut kiat kiat yang bisa anda lakukan agar si keras kepala dapat berprestasi.

  • Berikan kesempatan untuk belajar dan  memperbaiki  kesalahan tanpa memberikan lebel “si pembuat- onar” ,karena mereka cenderung “ngotot” untuk mempertahankan prinsipnya.
  • Berikan tanggung jawab berikut konsekuensi logisnya, karena mereka cenderung merasa paling superior dibanding yang lain .  
  • Tugas kelompok merupakan ajang bagi siswa  kelas kepala untuk berinteraksi dengan orang lain sebagai bagian dari interpersonal skill. Mengingat mereka memiliki sikap melindungi orang yang dianggap lemah sekaligus memiliki keterampilan memimpin yang memadai.  
  • Hargai perbedaan pendapat dengannya, namun minta  mereka untuk dapat membuktikan kebenaran ucapan dan tindakan  melalui fakta dan data yang akurat.
  • Lakukan pendekatan pribadi dengan komunikasi persuasif, personal approach untuk membuka insight tentang pentingnya menghargai pribadi orang lain dengan bahasa yang lemah lembut yang meneduhkan hati agar tidak merasa dirinya sedang di serang.  
“Siswa yang keras kepala sering nampak sebagai anak yang bandel, padahal sesungguhnya mereka adalah anak yang memegang teguh  prinsip sekaligus menyukai tantangan”. Kank Hari



Tidak ada komentar:

Posting Komentar