Minggu, 17 Juli 2011

Krisis Harga Diri Anak dan Cara Mengatasinya


Kank Hari anak saya sering berdusta ,memaksakan kehendak,suka menyalahkan orang lain,kurang bertanggung jawab,disekolah pemalu,tidak percaya diri dan meresa dirinya sebagai pecundang…Apa yang terjadi pada anak saya…?”



Penuturan ibu ini adalah merupakan tanda dari puteranya sedang mengalami krisis harga diri.Sedangkan Harga diri atau self esteem adalah perasaan senang,perasaan berharga serta percaya kepada diri sendiri. Sehingga untuk berperilaku ,anak yang memiliki harga diri positif akan menunjukan perilaku positif .Lantaran mereka memiliki rasa percaya diri dan damai dengan dirinya sendiri,tanpa harus membuat”kekacauan’ .

Agar anak tidak mengalami keterpurukan dlam harga diri maka inilah beberapa langkah praktis :

1.Berkomunikasi lebih dekat , dipercaya anak sebagai sosok yang memiliki arti baginya (significant other).akan membuat anak memiliki tempat curhat.,guna mengakui kekurangan dirinya.Karena itu tugas orang tua harus menjadi teman curhat anak dan menghindari sikap mencela anak dan orang lain. Mereka lebih belajar dari perbuatan orang tua daripada sejuta ceramah yang anda berikan.


2.Bangunlah rasa percaya diri mereka dengan mengenalkan tokoh tokoh sukses yang berhasil mengatasi kesulitan hidup dengan rasa percaya dirinya. Anak dapat memiliki cara pandang tentang arti perjuangan serta dapat menemukan role model guna penguat perilakunya.Belikan buku buku motivasi sehingga anak mendapatkan inspirasi. Anak yang suka membaca dan menyerap nilai positip akan lebih kuat mendapatkan tekanan sekaligus menjadi anak yang mudah diterima orang lain.


3.Berilah kesempatan bagi anak berani mengambil keputusan,mulai dari hal yang sederhana seperti; memilih pakaian,apa yang dimakan,ber pendapat ,cara ,menyelesaikan tugas tugasnya,membuat keputusan ,berilah tanggung jawab seiring dengan perkembangan usianya .


4.Pujian memiliki efek pengulangan dan penguatan yang lebih baik daripada hukuman. Artinya anak cenderung mengulang perbuatan nya lantaran mendapatkan pujian dengan senang hati daripada dihukum. Pujilah anak nada setelah menyelesaikan pekerjaannya dengan senyum ,pelukan ,dan kalimat pujian. Sediakan waktu untuk mendengarkan anak bercerita tentang hasil karya . Berilah bonus tamasya pada waktu waktu tertentu akan memberi penguatan pada anak atas perilaku positifnya.

Anak anak yang memiliki harga diri positif akan optimis,tidak mudah menyalahkan orang lain percaya diri,memiliki prinsip,tidak mudah terpengaruh kendati mendapat tekanan teman sebaya,tegas dan dapat menggunakan cara cara kreatif dalam memecahkan masalah dan mewujudkan keinginannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar