Sabtu, 09 Juli 2011

Kecerdasan Verbal Dalam Tuntunan Islam




"Nasehatkan Kebaikan Kepada Anak Agar Anak Terbiasa Melakukan Kebaikan'.Kank Hari


Mengingat anak anak belajar berperilaku dari apa yang didengar ,dilihat dirasakan dan dialaminya. Maka tugas orang tua bukan saja memberikan keteladan kebaikan tapi juga menasehatkan. Nasehati anak anda dengan kalimat yang dapat menyentuh hati dan pikirannya. Berikut hal hal penting yang patut di nasehatkan:

1. “ Anakku terjadi nya perkelahian bahkan peperangan itu karena ucapan. Karena itu jagalah ucapan mu agar tidak menimbulkan kemarahan dan kesalahpahaman orang lain”.

2. ‘ Anakku setiap orang ingin dihargai maka jangan sekali kali engkau mencaci maki,karena kaupun tidak suka dicaci maki”.

3. “Anakku janganlah membicarakan aib orang lantaran biasanya lebih banyak perasaan tidak suka dan bukan kenyataan sebenarnya,jauhilah mereka yang suka membuka aib temannya..!”

4. “ kuasai ucapanmu dan ucapkanlah hanya yang nyaman didengar orang,agar orang suka menjadi teman mu. Dengan memiliki banyak teman kamu akan banyak mendapatkan peluang keberhasilan”.

5. “Diam lebih baik bagimu daripada berkata –kata tanpa kendali,karena dampak sakit hati akan dikenang sepanjang hidupnya oleh orang lain”

6. “ Selalulah tersenyum karena Allah menyukai orang orang yang tersenyum. Jangan tunjukkan muka masam karena hanya membuat orang enggan mendekatimu’

7. “Anakku jangan lah kamu mentertawakan penderitaan atau kesalahan orang lain .sangat boleh jadi kelak kamupun bakal ditertawakan saat berbuat kesalahan.Karena manusia tidak luput dari berbuat kesalahan “.

8. “Selalulah bersyukur anakku apalagi jika mendapatkan nikmat.namun bersabarlah saat engkau mendapatkan kesulitan. Dan segeralah mohon ampun kepadaNya saat berbuat salah, karena Allah Maha Penerima Tobat hambanya yang berbuat salah’.

Tuntunan dalam agama islam mengajarkan bahwa ahlak adalah utama dalam berkehidupan social. Maka biasakanlah anak memulai perilaku dari cara bicara yang baik agar menjadi sarana “verbal intelligent” nya di masa depan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar