Jumat, 08 April 2011

Kami Ingin Lulus ,Jangan Buat Kami Cemas !


Kami Ingin Lulus ,Jangan Buat Kami Cemas !



Om Hari,kenapa sih…? Semua orang saat menjelang Unas pada ribet dan ribut.Ujian seakan akan momok menakutkan . Saya amati dari SD sampai SMA semuanya ribet ,ribut dan membuat para siswa cemas…! Semua Guru ,kepala sekolah, orang tua dan berita berita di Koran membingungkan . Padahal kami Cuma ingin menyelesaikan sekolah ini….?.Seorang peserta Spirit Unas bertanya kepada saya lewat Inbox –FB.


Wajar nanda mereka cemas karena mereka menginginkan yang terbaik buat siswanya.Namun jika mereka rebut ribet dan panic ini menandakan bahwa mereka cemas terhadap kemungkinan terburuk yang bakal terjadi.Ini juga pertanda bahwa mereka tidak Percaya Diri ,tidak percaya kepada diri sendiri bahwa mereka bisa berhasil menghadapi Ujian dengan baik.Memperkirakan bahwa akan banyak siswanya yang gagal.

Kemungkinan penyebabnya banyak :

Pertama ,Mereka merasa bahwa yang selama ini diajarkan kepada siswa masih kurang memadai dibandingkan dengan perkiraan soal –soal Ujian Nasional.Bisa jadi memang kurang efektifnya kegiatan belajar mengajar ,Guru kurang Kompeten sehingga siswa tidak dapat menyerap pelajaran dengan baik.Terbatasnya waktu dalam menyampaikan ketuntasan materi pelajaran guna membangun kompetensi siswa. Tekanan target dari instansi terkait Dsb .


Kedua,mereka merasa kompetensi yang dimiliki siswanya sangat kurang ,atau belum dapat sesuai denagan harapan ketuntasan minimal yang telah ditentukan oleh sekolah itu.Sehingga sekolah kehilangan akal untuk mendongkrak kemampuan siswanya. Ditambah lagi orang tua siswa sulit diajak bekerja sama. Apalagi saat siswa try out hasilnya sangat tidak memuaskan.



Maka yang bisa kamu lakukan adalah ;tetap yakin pada pengetahuan yang sudah kamu dapatkan,seringlah berlatih mengerjakan ragam soal-soal unas ,tanyakan pada gurumu bila ada soal yang kamu tak ketahui,jangan ikut ikutan panik atau cemas dan ….

Bergembiralah..karena setiap anak sekolah mesti ujian ,jadi nggak ada yang perlu ditakuti dan yakin Tuhan akan memberikan yang terbaik Bagimu”.Kank Hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar