Minggu, 28 Juli 2013

Bilik Konseling Kurikulum 2013:Membuat Siswa Berani Mencoba

Bagaimana caranya agar siswa memiliki keberanian mencoba ,mereka terbiasa pesismis..?
Kompetensi Inti 2013 Kelas VII sebagai berikut ; Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.


Ketakutan akan kegagalan dan terlihat gagal merupakan factor utama siswa memiliki keengganan mencoba dan benih munculnya sifat pesimis,hal ini bisa mematikan daya kreasi dan inovasi siswa .
Karena itu anda sebagai pendidik harus memulai dengan menanamkan pola pikir bahwa kegagalan bukan suatu dosa  melainkan suatu momen bagi siswa untuk atusias belajar lebih dalam menemukan latar belakang masalah dan solusinya.Ajalaklah siswa melihat dan meneliti penyebab kegagalannya dan menemukan cara bagaimana memperbaikinya dengan demikian siswa benar benar kaya akan pengalaman belajarnya.
Sekaligus bimbinglah siswa untuk menayadari bahwa salah satu cara untuk memperkecil kegagalan adalah dengan menjalankan tugas sesuai dengan panduan prosedur yang dijalankan.
“keterlibatan anda dalam meyakinkan siswa bahwa kegagalan adalah cara menemukan solsui atas persoalan akan menghasilkan dampak yang besar bagi motivasi belajar siswa terutama pada tugas tugas praktiknya’. Kank Hari Santoso Motivator Pendidikan Karakter.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar