Senin, 18 Maret 2013

Membangkitkan Kreativitas Sejak Dini (PAUD)



Anak anak balita memiliki daya imajinasi dan rasa ingin tahu yang tinggi ,tentu saja peran orang tua memegang peranan penting dalam mengembangkan kreativitas anak. Sedangkan anak anak  kreatif memiliki  ciri sebagai berikut ;



·         Memiliki dorongan rasa ingin tahu yang besar
·         Memiliki prinsip yang kuat dan tidak mudah dialihkan
·         Imajinasi kuat
·         Banyak pertanyaan dan gagasan
·         Orisinalitas  ide
·         Memiliki minat bidang seni yang menonjol .
·         Suka  mencoba hal hal baru .
Walaupun sering kali orang tua beranggapan bahwa anak kreatif adalah anak yang nakal  padahal ,aktivitas mereka yang dianggap nakal itu cermin kreativitas seorang balita. Berikut cara menumbuh kembangkan minat anak dalam berbagai kecerdasan
Minat  bahasa :cirinya  bisa dilihat   dari anak cepat bicara dan membaca :ciptakan lingkungan yang menunjang  ;poster ,papan tulis ,kertas  dan pena warna -warni  sering diajak bicara.
Minat  Visual :anak lebih banyak menggambar daripada menulis dan lebih mengerti konsep melalui perbandingan visual  :berikan peta ,gambar gambar ,bercerita sambil mengajak berimajinasi secara visual.
Minat   musik :banyak gerakan dan berirama ,suka menyanyi dan memainkan alat musik ,berikan musik di rumah ,ajak menonton pertunjukkan musik ,beri kesempatan mengenali alat musik.
Minat  gerak :cepat merangkak ,berjalan , lebih pada  gerakan dan koordinasi gerak dan tangan  : berikan penyaluran energi ekstra ,menolong secara fisik ,memainkan peran dari cerita yang dibacakan atau melakukan pekerjaan tangan.
Minat  Sosial  ; suka bermain dan mengatur teman temannya : ajaklah  ke rumah saudara saudara atau bermain bersama ponakan dan masukkan ke play grup.
Minat kognitif :gemar menyusun rancang bangun puzzle dengan pola yang teratur;berikan balok balok atau alat permainan untuk percobaan percobaan ilmiah ,galilah dengan pertanyaan mengapa atau bagaimana agar dapat merangsang daya kritisnya..

Tugas  orang tua adalah menyediakan lingkungan yag dapat menstimulasi mental dan suasana yang menantang kreativitas anak .
Materi ini :adalah rangkuman Materi  Seminar Pendidikan PAUD ;  Kenakalan   VS  Kreativitas ,oleh Hari Santoso,   direktur  & senior konsultan  Insight Management Consulting .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar