Selasa, 19 Februari 2013

Manfaat Kalimat Yang baik Bagi Siswa,Menjelang Ujian Nasional .




 




“Maka Apakah mereka tidak berjalan di muka bumi, lalu mereka mempunyai hati yang dengan itu mereka dapat memahami atau mempunyai telinga yang dengan itu mereka dapat mendengar? karena Sesungguhnya bukanlah mata itu yang buta, tetapi yang buta, ialah hati yang di dalam dada.” Qs Al Hajj  46



Jangan pernah dilupakan ,bahwa  sebuah kalimat  akan mempengaruhi emosi,pikiran dan perilaku seseorang.Lihatlah bagaimana orang begitu sangat termotivasi ketika keluar dari seminar motivasi,bilik konsultasi atau mendengarkan ceramah. Begitu juga sebaliknya betapa peperangan ,tawuran atau konflik terjadi setelah  mendengarkan ucapan atau kalimat  yang meyakitkan hati .Mengapa...?


Tentu hal ini juga   berlaku bagi siswa,seorang siswa yang terbiasa mendengarkan perkataan yang  tidak baik akan   berpengaruh pada  kecemasan atau perasaan marah.Saat guru menghina atau meremehkan  dengan perkataan yang tidak baik seperti :kamu bodoh,...begini saja tak bisa...”.Siswa merasa tidak berdaya  dan cemas ,dalam kondisi seperti ini  otak memproduksi norepinerin ,yang membuat siswa kehilangan motivasi belajar,rasa percaya diri dan daya ingat menjadi tumpul karena menahan perasaan marah atau cemasnya.

Namun jika siswa terbiasa mendengarkan ucapan dalam bentuk kalimat yang memperkuat (word affirmation) motivasi belajar siswa memiliki dampak positif pada perilaku belajarnya.Mengapa ..?


Kalimat yang baik  memiliki muatan emosi yang mampu membuat sebuah sistem keyakinan,keyakinan yang diulang ulang akan mendorong kuat siswa untuk terbangun karakter yang dimiliki.Mereka akan memiliki optimisme dan sangat ingin mewujudkan keyakinannya itu .Semangat  dan gairah  untuk berhasil  akan mendorong pelepasan hormon dopamin dan serotin  yang menimbulkan kepercayaan diri sendiri.

Ambil contoh jika siswa mendapatkan kalimat yang menimbulkan kepercayaan diri,maka siswa merasa yakin bahwa dirinya bisa melakukan sesuatu,saat siswa merasa yakin  bisa melakukan sesuatu siswa akan berjuang mewujudkan keyakinannya itu sampai akhirnya siswa bisa membuktikan keberhasilan dari yang diyakininya.

Karena itu menjelang ujian nasional siswa perlu terus mendapatkan suntikan motivasi  agar berhasil mengusir kecemasannya dengan berganti rasa optimis dan berhasil mencapai tujuannya,Sukses Ujian Nasional 2013. Inilah langkah yang bisa dilakukan guru dalam menata kalimat yang baik:

1.       Membangun  Realitas Logis: “Kamu harus yakin bahwa ujian nasional ini bukan untuk mempersulit ,karena  tujuan pemerintah menyelenggarakan ujian nasional bukan untuk mempersulit  siswa...!”.

2.      Mengajak siswa menyadari upaya nya : “Kamu harus yakin ,bahwa soal sola yang kamu hadapi dapat kamu selesaikan ,karena tidak mungkin soal soal yang dibuat pemerintah ,adalah soal soal yang belum diajarkan..!”.


3.      Mengajak Siswa Lebih Percaya Diri : “ Kamu harus yakin pada diri sendiri, sesungguhnya kamu sudah belajar maksimal,yakin kamu bisa dan kamu akan bisa...!”

4.      Mengingatkan untuk berdo’a : “ Kamu harus berdo’a karena Tuhan akan membantumu  untuk mencapai keberhasilanmu...!”.

Jangan biarkan kalimat kalimat yang tidak baik menggerogoti  rasa percaya diri dan motivasi  belajar siswa. Sukses Ujian Nasional 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar