Kamis, 09 Februari 2012

3E ,Effective Comunication With Your Teen (komunikasi efektif dengan remaja masa kini )


Berkata Musa: “ Ya Tuhanku,lapangkanlah dadaku ,mudahkanlah untukku,utusanku dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku ,supaya mereka mengerti perkataanku “. QS At Thoha ayat 25-28


Usia remaja adalah masa transisi dari anak anak menuju masa dewasa dengan sendirinya mereka kebingungan dalam mencari jati diri.Ditambah lagi kecanggihan teknologi informasi komunikasi(TIK ) ikut membentuk karakter remaja sehingga tantangan dan tuntutan terhadapnya semakin sukar dan berat ,maka tidak jarang mereka mengalami tekanan /stres yang mengakibatkan frustasi.

Sedangkan reaksi terhadap frustrasi biasanya diwujudkan dalam ;

Reaksi Agresi yaitu dengan mengalihkan kesasaran lain seperti tidak mau disalahkan ,mencari kambing hitam ,merusak barang menyakiti teman ,ancaman bunuh diri dsb.

Reaksi mengundurkan diri seperti ,menekan kedalam hati , memendam dendam,berfantasi ,menolak realitas ,menarik diri dan aneka pelarian yang lain ke narkoba seks bebas dsb.

Perlu disadari dalam kebingungan nya mencari peran dimasa perkembangan aspek fisik mental ,social semestinya dibutuhkan pengertian,empati,pembimbingan dari orang tua,guru dan orang dewasa lainnya.

Tugas Orang tua perlu membekali remaja untuk tahu keadaan dirinya,tahu keadaan lingkungannya ,tahu apa yang diinginkan dan tahu apa tuntutan masa depan.Dengan 3E

Pertama : Ensuring (meyakini )

Mengajak remaja menyadari pentingnya meyakini bahwa kesuksesannya di masa depan sangat bergantung kepada diri mereka sendiri.Membangkitkan rasa percaya diri siswa dengan mendorong mereka ,memberi penguatan bahwa percaya pada diri sendiri,meyakini kemampuan dan bahagia atas kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya adalah kunci sukses. Mengingat untuk mencapai segala sesuatu dibutuhkan keyakinan pada diri sendiri.

Kedua : Envisioning (Memberi Gambaran Positif )

Mendengarkan harapan dan impian remaja adalah cara efektif agar anda sebagai guru dan orang tuanya bisa memberi gambaran positif tentang konsekuensi logis dari pilihannya. Sekaligus menemukan cara untuk memberikan motivasi kepada mereka.Envisioning yang diberi kan orang tua semestinya mampu mengajak dengan remaja melihat dengan jelas apa yang diinginkannya dan kemudian memberi semangat untuk mewujudkannya.

Ketiga : Emphatic

Ber empati kepada remaja adalah merupakan" negosiasi" paradigma /konsep berpikir yang jauh berbeda antara orang tua dan kondisi remaja saat ini .Dengan berempati anda sebagai orang tua dan guru dapat mencoba menempatkan diri seperti mereka dengan situasi dan kondisi yang dihadapi nya saat ini,Empati akan mengasah kemampuan anda untuk menerima masukan dan menunjukkan pada remaja bahwa anda memiliki keterbukaan dan dapat dipercaya.Dengan demikian saat anda memberikan pertimbangan anda dapat mengenali keakuratan segala bentuk harapan impian dan kecemasan mereka . Sekaligus anda menjadi sosok yang dapat dipercaya untuk memberi pertimbangan buat ke suksesan masa depannya.

Diperlukan strategi komunikasi efektif untuk membuat remaja menjadi tangguh dalam menghadapi masa depannya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar