Jumat, 31 Desember 2010

Karakter Kognitif 1. : Hapalan ,Anak Kelas III SD


Karakter Kognitif 1. :

Hapalan ,Anak Kelas III SD


Ibu Fanisa :Kank anak saya kelas III SD paling tidak suka menghapal bagaimana agar suka meng hapal ?



Kank Hari : memang pelajaran sekolah yang harus dihapal merupakan pekerjaan yang amat sulit bagi siswa.apalagi jika materi pelajaran,guru dan cara penyampaiannya tak disukai anak. Yang perlu difahami menghapal bukan cuma memasukan pengetahuan/informasi secara utuh kedalam memori. Dikarenakan bahwa otak ,mempunyai keterbatasan dalam mengingat apalagi jika sistem limbik yang berkaitan dengan emosi tidak berjalan optimal. Sistem limbic dapat berjalan optimal jika kondisi anak dalam keadaan riang.sistem ini bertugas mmemebuat kemudahan dalam mengingat.

Menghapal akan lebih mudah dilakukan jika anak menjadikan pengetahuan sebagai imajinasi. Mengingat anak kelas III SD masih suka berimajinasi dengan melakukan penyimpulan melalui permainan kalimat tanya , What, Who Where,When,Why and How (5W + H ). Jadilah anda mitra membacanya yang menyenangkan.

Berilah kesempatan bagi dirinya untuk merumuskan kembali bahan yang dihapalnya menurut kalimat yang disukainya sendiri. Biasanya akan lebih diingat jika kalimat nya lucu.

Bagaimana pun juga metode pembelajaran sekolah di Indonesia adalah hapalan maka kegiatan menghapal akan efektif jika menyenangkan ,menarik dan mendorong rasa ingin tahu anak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar