Kamis, 07 Januari 2016

Memperkenalkan Arti Uang Pra Sekolah


Mam itu ada petasan, beli ya biar ramai acara tahun barunya..?”
“Pap, aku pingin cimol disekolahku, bekali dede uang dong..?”

Dan masih banyak lagi kalimat kalimat yang terucap dari bibir mungil anak prasekolah tentang uang.  Sekalipun  belum banyak memahami arti tentang konsep uang yang sesungguhnya, namun mereka sudah tahu tentang arti uang untuk sebuah transaksi pembelian. Dikarenakan pengalaman yang secara sengaja atau tidak belajar dari orang lain termasuk orang tuanya seperti menyaksikan oarng tuanya melakukan pembelian di warung toko atau super market.


Memberikan pemahaman tentang “konsep uang” pada anak pra sekolah lebih efektif jika anak sudah mulai mengenal konsep berhitung , seperti kalau uang mu seribu kamu dapat satu ini kamu beli dua ribu jadi dapat...?.
Bisa juga anak dikenalkan nilai mata uang melalui mata uang mainan yang mirip dengan mata uang asli, walau anak tidak bisa membaca tulisan yang terera pada mata uang tapi mereka sudah dapat menyebutkannya. Bermain monopoli atau bermain “pasar pasaran” dapat memperkenalkan anak pada nilai mata uang.   
Tidak memanjakan anak dengan membelikan segala keinginan kepada anak merupakan pembelajaran tentang nilai  (value)uang sesungguhnya, hidup hemat, sederhana dan untuk mendapatkan uang dibutuhkan kerja. Akan membuat anak belajar mengendalikan keinginan nya dan menghargai arti uang dan tidak meminta seenaknya.
Katakan tidak pada anak jika memang pembelian yang diinginkan anak belum sesuai dengan kebutuhannya, kuatkan diri anda pada rengekan anak untuk kepentingan terbaik mereka.
Setidaknya anda sudah belajar bagaimana mengenalkan uang kepada anak..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar