Sabtu, 03 Agustus 2013

Bilik Konseling Keluarga :Kiat Mengatasi Anak Berbicara Kasar

Kank. Anak saya duduk dikelas III SD  belakangan menjadi sering bersikap kasar  atau sering berani kepada orang tua,kata sebagian orang mengatakan untuk mem biarkan saja karena masih anak anak tapi bagi saya ini cikal bakal masalah ,lantas bagaimana caranya mengatasi anak yang berperilaku demikian..?


Michele Bortha Ed.D dalam Buku “Don’t Give me That Attitude..” anak yang kasar tidak disukai orang disekitarnya,tidak disukai teman guru dan tidak bisa bergaul.Jika ini dibiarkan hanya akan mendatangkan kemungkinan menjadi lebih buruk “.
Dudukkan atau berbicaralah dengan tegas “kalau biacaramu keras begitu sepertinya kamu bukan tidak hanya setuju tapi juga mengajak berkelahi  dan itu tidak baik”.Kalimat ini tujuan nya bukan membuat anak anda tidak senang melainkan menjelaskan kepadanya  bahwa kesan yang didapat orang lain atas perilakunya  ekspresi wajah dan suaranya  dapat menimbulkan kebencian dan rasa tidak suka.
Jika anak masih berbicara keras hentikan berkomunikasi dan interaksi dengannya  sambil anda katakana “telinga mama tak bisa mendengar jika kamu tetap bersuara keras seprti itu,sekaligus mama akan bisa mengerti apa yang kamu mau kalau kamu bisa berkata baik baik !.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar