Rabu, 18 Januari 2012

Fresh Insight ,Menumbuhkan Karakter Kreatif Anak.


Kank ,anak saya nggak punya keberanian menyampaikan gagasan.padahal saya ingin dia punya ide agar punya semangat menatap masa depan.. Bagaimana caranya…?


“tiap tiap diri bertanggung jawab atas apa yang telah diperbuatnya..”. QS Qiyamah 38.

Untuk mendorong anak terbiasa berani menyampaikan ide atau gagasan memang sangat bergantung dari kebiasaan lingkungan dan perlakuan yang memberikan pengalaman yang menyenangkan baginya.JIka yang didapat hanyalah trauma atau pengalaman tidak menyenangkan dalam melontarkan ide maka yang terjadi anak akan enggan atau macet menyampaikan ide lantaran pengalaman yang tidak menyenangkan. Karena itu anda harus mampu menciptakan iklim menyenangkan bagi anak terutama saat anak menyampaikan gagasannya. Dengan tidak menghakimi ,menilai,menghina atau tidak mengakui keberadaan idenya,sehingga anak merasa nyaman saat menyampaikan idenya sebagi cikal bakal tumbuhnya karakter kreatif.

Sebagai orang tua anda harus memiliki passionate untuk mendorong anak memiliki banyak ide baik untuk sebuah perencanaan atau penyelesaian sebuah rencana. Cobalah mendengarkan gagasan yang disampaikan anak sampai tuntas gali lebih dalam kekuatan anak dalam mempertahankan gagasannya.Sehingga anak merasa diterima keberadaannya,diakui gagasannya dan merasa percaya diri.Jangan pernah lelah menggali ide dan gagasan dari orang lain terutama anak anda sendiri .Sehingga anda mendapatkan strategi alternatif atas penyelesaian masalah yang anda hadapi . Sekaligus membiasakan anak berpiki kreatif dan Inovatif.

Ide ide apapun akan merupakan jalan awal kelahiran daya cipta,tanpa ide daya cipta tidak akan terbentuk.Karena itu agar anak memiliki kecakapan hidup sekaligus berkembang karakter kreatifnya .Secara berkesinambungan didalam keluarga perlu mengakomodasi ide ide unik anak dan selanjutnya ditindak lanjuti dengan daya cipta .Niscaya Karakter Kreatif anak akan muncul….!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar